Jumat, 15 Maret 2013

Faktor penyebab pori-pori di wajah membesar

MEMILIKI pori-pori besar menghiasi wajah memang cukup mengganggu. Apalagi hal ini kini Anda alami sendiri. Agar bisa mencari solusi mengatasinya, Anda baiknya tahu penyebabnya terlebih dahulu?

Berikut ini penjelasan dari dr. Trifena yang merupakan lulusan Magister Anti Aging Medicine Universitas Udayana dan Magister Herbal Estetik Universitas Indonesia - saat ini sedang menempuh program Doktor Anti Aging Medicine, sebagaimana dilansir tabloid Mom & Kiddie.

1. Pori besar (large pore)umumnya ditemui pada jenis kulit berminyak (oily skin) dan kulit kombinasi, terutama pada daerah T (area hidung dan dahi). Pori-pori kulit yang membesar serta kulit yang terlihat berminyak merupakan masalah yang umum terjadi pada usia-usia produktif. Hal ini berkaitan dengan produksi hormon androgen yang memicu meningkatnya produksi kelenjar minyak kulit. Hal inilah yang akhirnya diikuti dengan pelebaran pori-pori kulit.

2. Pelebaran pori (enlarged pore)Sedangkan pelebaran pori terjadi pada proses penuaan secara alami dimana kulit menjadi mengendur dan akibat gaya gravitasi pori menjadi “tertarik” ke bawah sehingga tampak lebar. Di samping itu, produk-produk kosmetik yang tidak tepat juga dapat merangsang pelebaran pori-pori.

3. Kebiasaan burukMerupakan kesalahan dalam merawat wajah. Di antaranya sebagai berikut:

- Kalau terdapat komedo di wajah, biasanya jari kita refleks untuk memencetnya. Utamanya, bila tanpa tindakan aseptik yang baik dan teknik yang benar pori-pori wajah akan terlihat lebih jelas.

- Saat mencuci wajah dan mengeringkannya dengan handuk. Seringkali supaya terasa lebih bersih, kita menggosok wajah dengan keras. Dengan anggapan makin keras akan lebih bersih. Apalagi dengan gerakan menggosoknya ke arah bawah, yang mendukung gaya gravitasi. Hal ini ternyata dapat menyebabkan pori-pori makin lebar!

- Penyebab paling parah pada kasus pelebaran pori adalah kebiasaan memencet jerawat. Dimana akan menyebabkan berbagai kerusakan, antara lain hiperpigmentasi dan scar acne (bopeng jerawat)

**Produk rekomendasi Galvanic Spa II, 180 Night Complex, TruFace Revealing Gel**
Read more »

Penyebab jerawat tidak kunjung sembuh

1. Makanan dan Minuman sebagai Penyebab Munculnya Jerawat
Mayoritas makanan dan minuman yang berasa manis, gurih dan asin Makanan dan minuman yang berasa manis, gurih dan asin biasanya memiliki potensi menimbulkan jerawat yang cukup besar, lihat saja contohnya makanan gurih bersantan sudah pasti berlemak, es krim dan minuman ringan pun mengandung caffeine, belum lagi gorengan dan makanan yang digoreng. Sekarang kebanyakan makanan yang ada, pasti melalui proses penggorengan

Tips Singkat : Kurangi konsumsi makanan yang manis, gurih dan asin, perbanyak konsumsi buah dan sayur, tetap menjaga pola hidup dan membersihkan serta merawat wajah secara teratur


2. Bakteri sebagai Penyebab Munculnya Jerawat
Propionibacterium acnes adalah bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat di wajah kita, sebenarnya jika kita membuat wajah kita setidaknya dalam keadaan steril, maka bakteri ini tidak akan dapat berkembang biak, namun sayangnya jika kita pandai merawat wajah namun tidak pandai merawat gaya hidup, seperti sering begadang, tidur malam-malam dan makan makanan tidak sehat, wajah kita tetap saja akan berjerawat tetapi bukan karena bakteri melainkan produksi hormon / minyak berlebih. Jika anda adalah orang yang sangat merawat wajah anda, saya yakin, wajah anda setidaknya akan terbebas dari bakteri yang satu ini

3. Produksi minyak berlebih sebagai Penyebab Munculnya Jerawat
Produksi minyak berlebih biasanya disebabkan oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi, semakin mengandung banyak lemak maka akan semakin memicu munculnya jerawat

4. Peralihan masa remaja sebagai Penyebab Munculnya Jerawat
Ketika remaja mengalami proses kedewasaan menuju dewasa, produksi hormon-hormon tertentu akan meningkat, salah satunya hormone DHT yang dapat memicu jerawat

5. Faktor Genetik sebagai Penyebab Munculnya Jerawat
Faktor genetik turut berpengaruh dalam keberadaan jerawat di wajah anda. Jika orang tua anda memiliki wajah yang memang mudah berjerawat selalu ada kemungkinan anda juga akan mengalami hal yang sama pada wajah anda

6. Iritasi Kulit sebagai Penyebab Munculnya Jerawat
Jika anda tidak pandai merawat wajah anda, dan sering memecahkan jerawat anda. Maka akan ada kemungkinan timbul iritasi kulit yang dapat menyebabkan anda berjerawat karena bakteri
7. Obat-obatan sebagai Penyebab Munculnya Jerawat
Beberapa jenis obat juga dapat menimbulkan jerawat, contohnya obat jenis kosteroid yang dapat melemahkan tubuh anda dan menyebabkan aktivitas bakteri pathogen yang meningkat

Makanan Penyebab Jerawat
 
Jerawat adalah salah satu musuh yang dibenci setiap orang, apalagi wanita. Jerawat memang bukan penyakit yang berbahaya. Tetapi jika jerawat datang akan sangat mengganggu dan tidak nyaman, meskipun jerawat tidak berbahaya tetap harus di jaga dan di tangani dengan baik. Jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat karena kelenjar minyak (sebacous galand) yang berlebih. Meskipun banyak ahli medis tidak setuju bahwa jerawat disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, tidak ada salahnya jika kita menghindari beberapa jenis makanan yang di duga dapat memicu jerawat. 
beberapa Jenis makanan yang di duga memicu jerawat tersebut antara lain:
-Gula dan cokelat.
-Susu
-Iodin/iodium
-Kafein dan alkohol
-Makanan pemicu alergi
-Buah dan sayuran yang bersifat asam

Cokelat merupakan salah satu makanan yang paling memicu jerawat. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa cokelat mempunyai indeks skala glikemik yang cukup tinggi, gula juga ketika dalam proses pembentukan karbohidrat dapat menimbulkan jerawat karena meningkatnya tingkat hormonal.
Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi susu yang tinggi biasanya menimbulkan jerawat.. Hal ini disebabkan meningkatnya hormon pertumbuhan yang juga menyebabkan kelenjar minyak di kulit menjadi tersumbat.
Iodin juga menjadi salah satu faktor munculnya jerawat, kelenjar minyak di kulit bisa menjadi iritasi dan cenderung menjadi jerawat. Iodin bisa di temukan pada ikan dan kerang, sebab air laut mengandung iodin.. Sebagai tambahan sumber lain iodin adalah berasal dari garam iodin yang biasanya terdapat pada beberapa makanan kaleng.
Kafein dianggap menjadi pemicu tumbuhnya jerawat sebab kafein dapat mempengaruhi tingkat hormonal yang di produksi tubuh. Beberapa sumber kafein antara lain kopi, teh, soft drink dan cokelat. Sebagai tambahan, alkohol juga menyebabkan meningkatnya hormonal, terutama testosteron yang dapat memicu jerawat lebih sering.
Masalah kulit sering muncul karena alergi makanan, terutama susu dan telor. Jerawat muncul karena sistem kekebalan tubuh bekerja melawan racun yang di akibatkanalergi.
Buah dan sayuran yang bersifat asam dapat menyebabkan jerawat, seperti wortel, jeruk, mentimun, selada. keasaman tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat, oleh sebab itu harus di hindari. Itulah beberapa makanan yang dapat mulali memicu timbulnya jerawat. Semoga bermanfaat.


**Produk rekomendasi: Masker Marine Glacial Mud Nu Skin, Blemish Treatment Nu Skin, Rangkaian Clear Action Nu Skin, Supplement Tegreen Pharmanex**
Read more »

Penyebab munculnya flek hitam di wajah

 Memiliki wajah cantik dan berseri merupakan idaman bagi setiap orang, namun dengan adanya flek hitam di wajah membuat impian tersebut tidak menjadi nyata. Beberapa orang bertanya- tanya mengapa ada noda hitam ini di wajahnya, terutama pada wanita yang mengidamkan memiliki wajah cantik.

Banyak sekali beberapa penyebab munculnya flek hitam di wajah, untuk itu anda harus menghindari semua penyebabnya terutama penyebab paling utama agar anda dapat tampil percaya diri lagi dimanapun anda berada.

Berikut beberapa penyebab flek hitam di wajah

1. Interaksi dengan sinar matahari secara langsung
Terkena sinar ultraviolet saat berpapasan langsung dengan sinar matahari akan merusak gugus sulfihidril di epidermis yang berakibat pada tidak adanya penghambatan proses pegmentasi. Untuk itu dianjurkan bagi anda untuk sering- sering membasuh muka.


2. Alat make up dan kosmetik
Wanita memang tidak terlepas dari make up, namun penggunaan alat make up yang tidak sesuai dengan jenis kulit justru akan membuat wajah kering, muncul flek hitam, dan kulit terlihat lebih tua. Kosmetik dengan zat pewarna dan bahan- bahan tertentu juga membuat hiperpegmentasi pada kulit wajah saat anda kontak langsung dengan matahari.

3. Pil Kontrasepsi
Penggunaan pil kontrasepsi dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon esterogen, progesteron, dan juga MSH. Biasanya saat penggunaan pil kontrasepsi ini flek hitam akan muncul dan tampak dalam 1  bulan hingga 2 tahun setelah pemakaian pil.

4. Genetik
Faktor genetika tak luput dari salah satu penyebab ini. Sekitar 20%- 70% dari keluarga yang mempunyai flek hitam menurun pada anaknya. Faktor genetik lainnya berhubungan dengan ras, hiperpegmentasi juga sering dialami oleh ras dengan kulit berwarna gelap.

5.  Obat- obatan
Obat- obatan yang patut diwaspadai karena bisa menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah antara lain klorpromazine, mesantoin, Difenilhidantoin, dan minosiklin. Kandungan obat ini akan menimbun di lapisan dermis dan secara tidak langsung merangsang adanya proses hiperpegmentasi.

6. Bekas jerawat
Bekas jerawat juga menjadi faktor penting adanya pegmentasi yang berujung pada flek hitam. Untuk itu jika anda tidak ingin mempunyai flek hitam di wajah, anda juga harus menghindari penyebab tumbuhnya jerawat karena kedua hal ini berkaitan.

Dikutip dari artikel kesehatan
Read more »

Cara paling tepat mencegah flek hitam muncul di wajah

Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah sangatlah penting loh  kita perhatikan. Soalnya masalah flek hitam di wajah selalu menjadi kengerian tersendiri bagi para wanita. Namun ternyata flek hitam juga bisa muncul pada pria. Tapi kalau pria, biasanya ga terlalu memusingkan masalah tersebut daripada wanita. Apabila flek hitam muncul pada wajah, kita harus secepat mungkin mengambil tindakan yang tepat, sehingga flek hitam tidak semakin melebar dan berkembang biak.

Sebenarnya flek hitam yang sering  muncul pada wajah bukan karena tipe kulit kering, normal ataupun berminyak. Flek bisa muncul setiap saat dan tanpa diduga-duga karena disebabkan banyak hal, seperti faktor genetik, hormon, ras, sinar UV, kosmetika yang digunakan sehari-hari, serta konsumsi obat-obatan yang memicu terjadinya pigmentasi kulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya flek hitam tidak mengganggu penampilan kita,nih yang saya baca dari sebuah tabloid terkemuka: 

Berikut ini adalah cara yang bisa kita tempuh untuk mencegah ataupun menghilangkan flek hitam yang muncul pada wajah :

1. Sebisa mungkin kita mengindari paparan langsung sinar ultraviolet terutama antara jam 09.00-15.00. Pastikan Anda menggunakan pelindung kepala seperti payung atau topi yang lebar jika mau keluar rumah. LEngkapi dengan menggunakan tabir surya yang tepat untuk melindungi kulit, spf 15 untuk aktifitas sehari-hari dan spf 30 untuk paparan intens.

2. Pilihlah product kecantikan yang benar-benar bisa mengatasi masalah flek hitam pada wajah. Soalnya banyak Krim kecantikan yang menjanjikan dapat mengatasi jerawat, menghaluskan, mengencangkan, serta memutihkan kulit. Namun tidak ada krim wajah serbaguna yang dapat menyelesaikan semua masalah kulit, secara bersamaan.

3. Lakukan Microdermabrasi 1 minggu sekali ketika usia menginjak angka 25, soalnya metabolisme tubuh mulai melambat. Regenerasi kulit harus dibantu dengan microdermabrasi setiap 1 minggu sekali. Manfaatnya akan membantu pengangkatan sel kulit mati, yang merupakan salah satu faktor penyebab flek hitam di wajah.

4. Pakailah krim malam sebelum tidur karena juga akan membantu proses regenerasi kulit.

5. Apabila flek hitam di wajah kondisinya sudah parah, lakukan peremajaan kulit di klinik kecantikan karena hanya klinik kecantikan yang memiliki peralatan untuk membidik melanin pada bercak tersebut untuk menghilangkan bercak pigmen.

Makanya jika saat ini anda sudah memasuki usia 25 tahunan, jangan malas untuk memulai merawat wajah. Banyak juga seya menemui teman perempuan yang selalu bilang bahwa dia malas merawat wajah karena ga ada waktu, ga sempat atau  seolah tomboy sehingga tdak mau pusing untuk melakukan rutinitas membersihkan wajah setiap selesai aktifitas di luar rumah. Padahal dia tidak menyadari, penumpukan kotoran dan debu yang dibawa tidur itu bisa mengakibatkan kekusaman di pagi hari, lalu karena terbiasa, maka munculkan bintik hitam di wajah.
Mungkin bagi para ibu yang sudah memiliki anak remaja, mulailah memperhatikan kesehatan kulit anknya, jelaskan betapa berharganya kulit kita dan sangatlah mempengaruhi rasa percaya diri mereka kelak jika sudah berkarir.

Jangan sampai menyesal di kemudian hari lho^^

**Perawatan rekomendasi: Polishing Peel dari Nu Skin, Tri Phasic White Night Cream, Tri Phasic White Clenser, Tri Phasic White Day Lotion**
Read more »

Review Produk