Jumat, 08 Februari 2013

Bisnis Afiliasi itu apa sih?

Apa sih Afiliasi? Pasti masih banyak yang belum mengerti maksudnya. Saya juga dulu sempat ga ngerti apa sih Afiliasi itu. Sekarang ini banyak sekali penawaran bisnis Afiliasi.

Afiliasi adalah kita membantu menjualkan usaha orang lain , istilah umumnya adalah "makelar" hehehe..

Dalam pengertian Bahasa Indonesia yang disempurnakan, afiliasi yang merupakan saduran dari kata “affiliation” (Bahasa Inggris), adalah bentuk kerjasama antara dua lembaga yang masing-masing berdiri sendiri.  Secara singkat, afiliasi juga bisa diartikan “anggota” atau “cabang”.
Namun dalam terminologi bisnis online,pengertian afiliasi mengalami sedikit penambahan makna. Afiliasi adalah “cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual”. Di luar negeri, pengertian afiliasi memiliki kedekatan  dengan pekerjaan seperti calo, broker, atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama.
Memang, secara bahasa, pengertian “calo” di Indonesia sangat identik dengan calo tanah, calo tiket, calo angkutan, sampai calo kasus yang belakangan populer di ranah hukum. Tetapi Anda tentu bisa menjadi perantara tanpa harus melanggar hukum, seperti banyak perusahaan broker yang berkembang di Amerika maupun Eropa.
Sistem Kerja
Sebagai ilustrasi, Anda bisa melihat cara kerja afiliasi dalam penjualan rumah. Misalnya, jika Anda ingin menjual rumah, kemudian teman Anda membantu mencarikan pembeli. Ketika transaksi pembelian berhasil terjadi berkat bantuan teman Anda, sudah umum jika teman Anda diberi komisi atas bantuannya tersebut.
Dari ilustrasi tersebut, ada dua hal yang dapat kita jadikan pedoman. Pertama, bisnis afiliasi menjadi sangat mudah dilakukan. Setiap orang bisa melakukannya, tanpa harus menguasai ilmu arsitektur atau teknik bangunan. Kedua, pekerjaan ini sangat rendah resiko kerugian, karena Anda tidak memproduksi sebuah barang pun.
Nah, keahlian memasarkan, mempresentasikan produk, bahkan menggunakan internet dengan baik, ataupun menentukan calon pembeli yang benar, adalah keahlian yang perlu Anda miliki jika ingin menggeluti bisnis afiliasi. Jadi, bukan berarti bisnis afiliasi bisa dilakukan tanpa skill tertentu, dan  keahlian-keahlian ini relatif lebih mudah dipelajari.
Banyak lho di dunia maya sekarang ini bisnis Afiliasi. Sebenarnya, jangan juga kita menjauhi bisnis macam ini. Gak haram kok^^ Meski begitu, banyak juga nama besar di Internet yang justru JATUH dan TERJEREMBAB di internet karena menjual informasi atau barang dalam bentuk E-Book yang banyak mengecewakan pembelinya. Ya istilahnya, banyak E-book yang gak berguna bagi si pembeli. Maksud hati si pembeli ingin sukses seperti si penulis, eh malah dia bingung untuk menjalankan apa yang disarankan oleh si penulis dalam E-booknya. Itu banyak terjadi. Saya salah satunya. heheheheh...jujur aja, saya ini orang yang penasaran dengan hal2 baru, sehingga saya rajin ngoprak ngaprik di internet. 
Tapi dari sekian banyak Afiliasi, tentunya juga ada yang bagus dan berguna dan benar bisa mendatangkan hasil. Namun, tetap saja, dibutuhkan skill dalam hal berkomputer ria. 
Jadi, untuk anda yang sudah membidik salah satu bisnis Afiliasi, pelajari dulu dengan seksama, jangan sampai menjadi salah satu korban kekecewaan atas produknya yah^^

0 komentar :

Poskan Komentar

Review Produk