Minggu, 20 Januari 2013

Cara Hard Reset Perangkat Android

Kalau Blackberry, rasanya semua orang sudah tau ya caranya.. Kalau belum tau , nanti boleh juga saya share ya. Tapi kali ini yang mau saya share adalah bagaimana cara me-reset ulang smartphone Android anda.
Sering kali kita dibuat kesal kalau tiba2 android kita hank atau freeze ga mau gerang sama sekali tuh..pencet2 tombol sana sini juga gak mempan. Kesel kan ya...
Atau suka ada yang aneh2 muncul di screen Android kita.
Gak usah kesel dulu. Coba dulu solusi satu ini,mreset perangkat anda.
Ada yang Soft Reset ada yang Hard Reset.
Ada beberapa alternatif caranya nih..
Kalau Soft Reset:

(Makanya dari sekarang Download dulu yah di Play Store selaki perangkatmu masih lancar belum adaHank nya):

 1. Download REBOOT WIDGET di Play Store. Nanti akan sangat berguna jika ingin melakukan restart yang ga terlalu "keras" , maksudnya, semua data masih tetap tersimpan dalam perangkat Androidnya. Jadi setelah restart ya datanya masih tersimpan utuh.

2. Jika perangkatnya udah keburu Hank, ya udah, cabut batrenya aja dulu deh kayak BB(tapi kalau tablet ga bisa cabut batre, mau ga mau ya berusaha matikan powernya atau menunggu dia mati sendiri karena kehabisan batre). Lalu biar dia loading lagi. Kalau keadaan Hank ini sudah sering terjadi, maka sudah saatnya anda melakukan Hard Reset deh. Tapi ingat ya, melakukan kegiatan satu ini berarti anda akan kehilangan semua data yang suah ada dalam android. Tapi jangan khawatir, semua itu bisa diatasi dengan melakukan Back Up datadulu kok. Karena saat kita melakukan proses tersebut, akan muncul pertanyaan di screen apakan kita akan back up data dulu atau tidak. Ya baiknya anda tekan tombol yes yah. Oke, gimana cara kerjanya?... 
Gini...
Cari di menu Setting, nanti akan ada menu Back Up & Reset. Nah tiap perangkat Android beda2 lho
judul" menunya..
Kalau di Lenovo S880 milik saya, ya judulnya gitu "Back up & Reset"
Nah kalau Seri Samsung  kira2 seperti ini:

Pertama masuk ke menu Setting. Cari Icon Setting di Menu Samsung Galaxy Tab, kemudian sentuh icon tersebut. Di menu Setting pilih Privacy selanjutnya Factory Data Reset dan Reset Tablet jangan lupa pilih Erase Everything sehingga Samsung Galaxy Tab benar-benar kembali seperti semula, saat Anda baru membelinya dari Toko.

Perlu diingat, proses Hard Reset Samsung Galaxy Tab ini akan menghapus semua data, termasuk Phonebook, SMS dan segala macam di Samsung Galaxy Tab. Kecuali data di SD Card atau memori Card akan tetap aman.

Jika Anda tidak bisa masuk ke menu Samsung Galaxy Tab, misal karena tidak mengetahui passwornya, untuk proses Hard Reset bisa dilakukan seperti di bawah ini :

Tekan dan tahan tombol Volume Atas dan Tombol Power secara bersamaan, saat Logo Samsung muncul di layar lepaskan tombol Power sambil Tombol Volume Atas masih tetap di tekan dan tunggu sampai muncul Recovery Mode di layar.

Saat mucul Recovery Mode, untuk proses hard reset tinggal pilih Wipe Data / Factory Reset (tekan tombol volume untuk memilih pilihan) lalu tekan tekan tombol Home untuk OK

Nah cuma ada sat masalah nih,kalau Samsung, saya tidak menemukan menu back up data:((  sehingga kalau kita reset ulang keseluruhan, semua datanya benar2 hilang.
Tapi sebenarnya, semua aplikasi kita akan kembali lagi sih kalau kita masukkan alamat email Google nya kita, karena yang kita download semua tersimpan dalam email tersebut, cuma ya agak cape dikit deh karena harus install ulang satu persatu.
Tapi paling tidak, kekesalan kita sudah berkurang yah karena Android kita sudah seperti baru lagi^^

0 komentar :

Poskan Komentar

Review Produk