Jumat, 17 Agustus 2012

Hidup Sesudah Mati

Fase perjalanan manusia menuju hari kebangkitan


Satu lagi buku referensi yang bisa teman2 baca nih.. untuk melengkapi keat keimanan kita pada Allah SWT. Pasti semua umat Muslim bertanya2 seperti apakah kehidupan kita setelah mati nanti????
Wah, saya baca buku ini merinding banget. Banyak hal2 yang baru saya ketahui lewat buku ini. Saya bisa mengaji tetapi saya tidak mengerti arti dari bacaan ayat yang saya baca. Dan saya yakin sebenarnya tidak hanya saya sendiri yang seperti itu ...ya ga?? beruntunglah kalin yang mengerti bahasa arab^^
Nah, dalam buku ini, tertulis sangat jelas fase2 proses kehidupan manusia. Dari mulai kita di dalam rahim ibu kita lalu ditiupkan ruh oleh Allah untuk kita, sampai kita lahir, berjodoh, beranak, dan kita mati...hiiiii.. emang sih rada serem bacanya. Tapi sangat bermanfaat. Tentunya si penulis buku juga tida asal nulisnya donk... pasti dia menuangkan semua ini juga melalui proses panjang.
Dari semua halaman yang paling menarik perhatian saya adalah Bab 12. Membahas tentang Surga dan Neraka. Saya sekarang jadi tau ternyata surga kita itu ada berbagai macam nama dan tingkatannya. Bangunannya, pintu2nya, derajatnyasungai, pohon, makanan minuman,dan banyaaaaaak sekali. Begitupun Neraka kita. Waduhhhh...bagian ini paing serem nih. Tapi ga usah khawatir. Membaca buku ini seperti kita sedang membaca novel, penuangan kata2nya tidak berat untuk kita mengerti. Saya membaca buku ini cukup menyita banyak waktu saya lho... saking asyiknya dan ingin tau lebih banyak tentang masalah kehidupan setelah kematian ini. Ya namanya kita kan manusia beriman, rasanya sangat paslah jika kita memperbanyak pengetahuan di bidang agama. Supaya kita juga lebih berhati2 dalam bertindak melakukan kebaikan dan menjauhi semua laranganNya. Insyaallah..







Read more »

Detik-detik Sakaratul Maut

Saya pernah berdebat dengan seorang kawan mengenai satu hal misteri kehidupan yang sering kali setiap manusia pasti pernah mengalaminya. Apakah kamu pernah bertemu dengan orang yang meninggal melalui mimpi kamu? Biasanya, jawaban yang saya dapatkan selalu jawaban : Ya, pernah. atau ..Ya, sering,,
Nah, sayapun demikian. Setelah meninggalnya adik kandung saya setahun lalu, hampir setiap hari saya bermimpi bertemu dia. Tetapi dalam mimpi, kami tidak pernah ngobrol secara langsung. Almarhum selalu bungkam, hanya banyak senyum dan tertawa. tetapi uniknya, walaupun mulutnya diam, saya selalu berkomunikasi dengan dia di dalam mimpi berupa balas2an sms dan bbm..haha..lucu ya... atu sering juga dia mulutnya bungkam tetapi seolah dia bicara bathin dengan saya dan kami komunikasinya selalu lancar tanpa hambatan. Itu membuat saya penasaran, apakah sebenarnya saya itu bertemu beneran sama dia atau hanya sekedar mimpi??? Karena kalau dibilang hanya bunga tidur, ga juga...sebab, beberapa kali dia memberikan isyarat secara langsung dalam mimpi, saya selalu mengerti apa maksudnya dan kata2 yang disampaikannya itu selalu menjadi nyata dalam kenyataannya.  Sebenarnya, saya tidak mau terobsesi dengan hal seperti itu. Namun saya penasaran aja deh pokoknya. Hingga suatu hari saya curhat ke kawan saya itu. Saya katakan bahwa saya merasa adik saya itu tidak meninggal, karena hampir setiap hari saya bertemu dengan dia dalam mimpi. Kita bercanda, ngobrok, ketawa2 gila2an layaknya semasa dia masih hidup. Nah... tanggapan kawan saya ini membuat saya jadi makin penasaran karena menurut dia, kita yang masih hidup itu tidak mungkin bisa bertemu dengan roh orang yang meninggal. dia bilang, itu hanya bunga tidur saja. Dan dia bilang, sebenarnya hal seperti itu tidak akan mungkin terjadi jadi dia sarankan ke saya untuk jangan terlalu dipikirkan nanti menjadi terobsesi. Wah...sebenarnya saya pengen banget nurutin apa sarannya. Tapi, karena yang mengalaminya adalah saya, bahkan saya anggap mimpi2 saya bertemu alm adik saya itu penuh dengan pengalaman spiritual, jadi saya terus mencari jawabannya. 

Akhirnya, bulan lalu saat liburan sekolah, kebetulan di Gelora Bung Karno senayan jakarta mengadakan bazar buku. Wah... saya bersama suami dan anak2 menyempatkan diri kesana deh. Karena saya tau buku2nya pasti benar2 obral murah semua.Dan benar, sesampainya disana, saya dan anak2 langsung nyerbu ke tempat buku2 incaran kami. Saya dan suami memborong buku2 religius. Dan ada tiga buah buku yang benar2 saya incar. Dan saya mendapatkan jawaban pertanyaan saya "Apakah orang yang masih hidup bisa bertemu dengan ruh orang yang sudah meningga?" ..lewat sebuah buku yang judulnya: Detik-detik Sakaratul Maut.

Buku tersebut baru saya baca pas di bulan Ramadhan ini. Karena kesibukan saya sehari2nya penuh dengan rutinitas tiada habisnya, sehingga baru bulan puasa inilah saya ada kesempatan untuk membaca semua buku yang saya beli kemarin itu.
Ada satu tema yang membuat saya terbelalak dan akhirnya menemukan jawabannya...
Di halaman 84, saya menemukan jawaban dari pertanyaan saya yang membuat penasaran selama setahun ini.
Dikatakan bahwa....
Ruh manusia yang sedang tidur bisa bertemu dengan ruh manusia yang telah meninggal dunia. Sebagaimana firman Allah:

"Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya. Maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan.Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir" (Az-Zumar :42)

Ibnu  Katsir mengatakan: "Ayat ini menjadi dalil bahwa ruh manusia berkumpul di langit." Sebagian berpendapat bahwa Allah mengambil ruh manusia yang mati dan manusia yang tidur , lalu ruh-ruh itu saling berkenalan seperti dikehendaki Allah. Allah menahan ruh orang yang mati dan melepaskan kembali ruh orang yang hidup untuk kembali ke jasadnya.

Nah, halaman tersebut telah memberikan jawaban yang sangat berarti untuk saya ingat selalu. Sehingga sejak itu, saya tidak pernah menyia-nyiakan saat bertemu mereka (paman,bibi, kakek, nenek, adik, kawan) yang sudahmeninggal dalam mimpi saya. Saya mulai benar-benar memperhatikan apa saja yang mereka sampaikan lewat mimpi. Tetapi sekali lagi, saya bukan terobsesi lho. Saya malah kagum dengan Kebesaran Allah yang memberikan kesempatan untuk kita bisa bertemu dengan mereka yang kita sayangi lewat mimpi. Sungguh besar kuasa-Mu Ya allah..

Teman2 jika ingin mengetahui isi buku ini, cari saja di toko buku pasti dapat deh.. Insyaallah, kita semakin bertakwa pada Allah...Amin

Shalahudin As-Said


Read more »

Kisah Tragis Oei Hui Lan Putri Orang Terkaya Di Indonesia "True story"

Pernah dengar kisah Oei Hui Lan???? Putri dari seorang pedagang terkaya di Indonesia pada masanya. Bahkan terkaya se asia Tenggara... Wah ...kayaknya kalau kita sebagai orang Indonesia tidak tau tentang siapa itu Oei Hui Lan, benar2 ga lengkap deh.
Saya beli buku ini (novel) sekitar 1,5 tahun lalu di Gramedia. Sampai sekarang bukunya masih ada dijual kok di toko buku besar tersebut. Beli deh. Ga rugi. Kita akan semakin tau sejarah Indonesia. Yang mana ternyata, hidup seorang Oei Hui Lan sangat berpengaruh dalam sejarah bangsa Indonesia.

Hui Lan lahir di Semarang sebagai anak bungsu dari dua bersaudara (keduanya perempuan) pada th 1889. Usia 11 tahun, ayahnya menghadiahi Hui Lan berlibur ke Singapura ditemani ibu dan kakaknya serta dipesankan kamar di hotel Raffles. Usia 18 tahun, Hui Lan mengikuti ibunya pindah ke London menjadi ratu pesta, bergaul dengan para sosialita serta bersahabat dengan keluarga kerajaan dan kaum bangsawan Eropa. Hui Lan menikah dengan Wellington Koo, diplomat China yang dikenalkan padanya saat mereka berlibur ke Perancis. Tahun 1936 Wellington Koo diangkat sebagai Duta Besar China yang pertama untuk Perancis.
Sederhana saja intinya, kita dapat belajar dari kisah hidup Oei Hui Lan yang begitu kaya dan memiliki segalanya. Tapi uang yang bisa memberikan dia tawa, emas dan berlian serta rumah yang mewah.. ternyata tidak bisa membeli kebahagian yang ia inginkan.
Walaupun sampai kini kekayaan Oei Hui lan masih tersisa di dunia. Termasuk bagi kalian yang tidak asing dengan kasus ketua Kpk Aa yang diduga membunuh Nn seorang direktur perusahaan rajawali, taukah kaliah kalau Rajawali group itu adalah sisa warisan yang tertinggal dari ayah oei hui lan bernama Oei tiong ham yang lebih dikenal sebagai raja gula asia tenggara.  banyak sejarah yang ingin disampaikan dalam buku ini.  Termasuk pandangan Hui Lan terhadap Soekarno dan terhadap pemimpin-pempimpin dunia yang ia temui.
Hui Lan memang putri Indonesia yang menjadi kartini modern di masanya. ia menjadi putri Indonesia yang begitu dihormati, menikah dengan seorang perdana menteri republik China. ia memilikinya segalanya dalam hidup. suami yang terhormat, ayah yang kaya raya dan anak-anak yang begitu lucu.kehormatan dan kekayaaan tiada batas, tapi satu hal yang tidak pernah ia bisa miliki.. kebahagian dan kedamaian.
Ayahnya meninggal dengan harta yang tak ternilai, celakanya ia menduga kematian ayahnya dibunuh oleh salah satu keluarganya yang berambisi menguasai harta ayahnya. Warisan yang berlimpah tak terhingga menjadi konflik tak pernah berhenti hingga detik ini bahkan hingga generasi keluarganya masih hidup di masa kini. Kalian bisa bayangkan, dengan 8 istri yang terdaftar dan 42 anak yang terlahir. Bagaimana seorang ayah membagi hartanya yang mencapai 200 juta poundstering..
uang memang bisa mengubah apapun. sahabat menjadi lawan, saudara menjadi penjahat. lebih buruk lagi membuat suaminya malah menikah dengan wanita lain..
Itulah yang terjadi dalam hidup Hui lan,  berbagai kisah yang ia tuturkan begitu banyak yang perlu kita simpan sebagai bagian dari sejarah kehidupan kita untuk bercermin dan berkata
tidak ada pesta yang abadi selamanya…
Nah..begitulah kira2 isinya...

Asyik lho baca buku ini disaat menunggu buka puasa. 
Kamu akan membayangkan semua gambaran yang tertuang dalam novel ini. Penulisnya, Agnes Davonar, berhasil menuangkan semuanya ke dalam tulisan sederhana yang sangat mudah dicerna. Saya aja sampe ngefans banget sama penulisnya nih^^ dia juga yang menulis "Surat Kecil Untuk Tuhan" yang sudah difilm kan. 
O iya, yang ga kalah menarik adalah, saya pernah ke kota Malang dan menginap di hotel yang memajang fotonya Hui Lan itu loh.hhhiii... rasanya rada berbeda lho waktu memandang fotonya tersebut. Ga tau deh suasana hati saya waktu itu rada aneh aja waktu memandang fotonya. Nah, cover buku tersebut mengambil gambar Lukisan diri Hui Lan yang dipajang di Hotel itu... saya lupa nama hotelnya...Oiya... Hotel Tugu Malang.. ingattt deh
Terkenal banget kok hotelnya. Apalagi setelah buku ini diterbitkan, dengar2 banyak sekali orang yang datang ke hotel itu hanya sekedar ingin melihat lukisannya itu lho

Sayangnya, saya ga tau kemana tuh koleksi foto saya yang waktu itu (sekitar 11 tahun lalu) saya ke hotel Tugu Malang menginap dan berfoto di depan lukisan Hui Lan. Berikut ini saya mengambil dekumentasi dari blog milik Olive Bendon (Kompasiana.com).
Ini adalah ruangan di Hotel Tugu Malang yang menyimpan foto asli sosok Oei Hui Lan

Nah...gimana? tertarik untuk baca? 




Read more »

诸葛亮的N种死法

Salah satu buku favorit saya kalau lagi senggang nih...hahaha...baca novel atau komik mandarin. Saya hobi ke Kinokuniya yang terletak di Plaza Senayan Jakarta. Bagi saya, disana benar2 sorga banget.wkwkwkwkwk..namanya saya memang biasa dari kecil baca bukumandarin, sampai sekarangpun suka banget. Nah, ada satu buku yang baru aja saya beli nih. Bagi kamu yang hobi baca buku mandarin (huruf han zi) dan suka dengan yang kocak2..baca deh buku ini. Tapi terus terang, kamu harus tau dulu mengenai sejarah SAM KOK. Tiga Negara. Yang sangat terkenal dalam sastra Cina. Nah, dalambuku ini adalah lelucon2, plesetan kisah2 dari para tokoh2 SAM KOK. Mereka adalah Cao Cao, Zhu Ge Liang, Zhang Fei, Zhou Yu, dan masih ada beberapa lagi. 
Edisi bukunya ada beberapa... yang saya baru beli ini adalah tentang "khayalan" si penulis tentang Cara Matinya  Zhu Ge Liang. hehe..luculah pokoknya isinya. Tapi ingat, kamu yang sudah tau kisah Sam Kok yang bisa tertawa baca buku ini^^
Judul bukunya:
三国幽默 之 诸葛亮的N种死法


Harga bukunya 160ribu (Kinokuniya)
Read more »

Ragam Bisnis Jasa Tanpa Modal

Pengenbisnis? tapi ga punya modal??? ehhmm... emang sih..mana ada sih bisnis yang tanpamodal... hari gene geto lohhhhhh...
Dalam hal ini, semuanya memang perlu modal. Modal uang, modal skill..ya ga??? Tapi, kayaknya buku yang satu ini boleh juga deh dibaca. Walaupun sebenarnya saya sendiri ga setuju dengan Judul bukunya : RAGAM BISNIS JASA TANPA MODAL... hehehe... Tapi bolehlah dibaca untuk menambah referensi
Hobi saya memang baca, jadi ya berbagai macam buku saya beli untuk saya baca dalam perjalanan dalam mobil, atau sedang menunggu suami saya meeting di suatu tempat di mall atau restoran, ya saya memisahkan diri dengan mencari tempat yang nyaman untuk baca buku^^
 Ini bukunya lumayan bagus.. ringkas. Lebih tepatnya, fokus memberikan ide bisnis sampingan yang ringan. Mana tau setelah kamu baca ini, jadi terinspirasi^^
Kayaknya di toko buku Gramedia masih ada kok bukunya... ga mahal..
Dalam buku ini memang tidak memberikan bayangan estimasi modal keuangan yang kita perlukan untuk memulai bisnisnya. Namun dia memberikan bayangan, masukan kira2 apa saja yang kita butuhkan untuk memulai  bisnis kita.


Read more »

Jangan Mau Diperbudak Kartu Kredit

Pernah tynerkena jebakan Betmen dalam masalah penggunaan kartu kredit? Wahhh...saya pernah...kacaulah pokoknya...Saya saat itu tidak pandai mengatur keuangan dalam membayar tagihan kartu kredit. Keasyikkan menggesek kartu sana sini dengan kartu dari berbagai macam Bank membuat saya kebingungan mengatur pembayarannya. Huuuuh...bener2 parah deh. Bisa dibilang begoooo banget. Sampai pernah juga didatai penagihnya lho. Hadeuuuh..pusing banget lah. Apalagi bunganya semakin lama semakin tinggi. Itu kejadian waktu 5 tahun lalu. Karena saking pusingnya, saya tutup semua kartu kredit saya. Sampai sekarang, saya belum lagi mengajukan kartu kredit baru. hahahhaa...takut kaya lima tahun lalu itu. Tapi sebenarnya, jika kita pandai dalam mengatur strategi menggunakan kartu kredit itu, saya kira ga akan seperti saat itu deh kejadiannya. Sayangnya, memang buku yang saya baca ini baru diterbitkan setahun lalu, sehingga belum sempat saya praktekkan. Tapi nanti suatu hari jika saya punya kartu kredit lagi, kayaknya saya pasti akan mengikuti tips dahsyat yang ada dalam buk  ini deh 

Saat ini, siapa sih yang ga kenal sama Kartu Kredit?????? Sepanjang saya melanglangbuana kesana kemari, kayaknya rata2 kawan saya atau orang yang tidak saya kenal sekalipun semua menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, disamping mereka menggunakan kartu debit. Namun, coba deh ikuti berita. Ada aja berita yang mengabarkan sensasi kartu kredit yang menjadi masalah...bisa dibilang, kartu kredit itu identik dengan masalah.
Sebenarnya, untuk banyak orang, kartu kredit ini sudah menjadi masalah sehingga penyelesaiannya memerlukan bantuan pihak lain. Benar ga???
Nah, buku yang saya baca ini, ga hanya sekedar mengajarkan bagaimana cara penggunaan kartu kredit yang tepat, tapi juga memberikan solusi bila ternyata anda sudah hampir atau bahkan diperbudak oleh kartu kredit. Asyiknya lagi, buku ini juga disertakan CD perhitungan pembayaran kartu dan tanya jawab dengan pengacara. Insyaallah anda akan terbuka deh pikirannya dalam mengatur strategi penggunaan Kartu Kredit ini. Beli deh bukunya...

"Jangan Mau Diperbudak Kartu Kredit"
Oleh : Eko Endarto


Read more »

Indahnya Bisnis Suami Istri

Ada yang bilang, kalau suami istri itu berisiko gagal rumah tangganya jika membuat bisnis barengan. Ngeri juga ya dengar pendapat demikian. Tapi memang terkadang ada benarnya juga, namun semua itu tergantung dari prinsip masing2. Saling percaya, memahami, mendukung, toleransi, adalah kunci utama kesuksesan dalam sebuah bisnis yang dibangun bersama antara suami istri. Banyak juga lho bisnis barengan pasutri itu yang bisa berhasil:) contohnya saya dan suami saya..hehehehehh...alhamdulillah, kami selalu kompak dalam berbagai hal yang menyangkut pekerjaan. Namun memang tidak selalu berjalan mulus. Ada saja rintangannya yang menguji kesabaran dan kesetiaan kami berdua dalam berprinsip. Tapi semua itu dapat kami lalui dengan sukses. Tidak jarang pula kami berdua menuai sukses dalam menjalankan suatu proyek besar^^ Tidak hanya dalam soal Showmenship aja lho. Kami berdua memang selalu tampil berdua di atas panggung. Namun disamping itu, banyak juga bisnis lainnya yang kami lakukan bersama. Kalau bagi saya pribadi, saya lebih aman melakukan bisnis dengan suami sendiri, karena, toh uang yang kami hasilkan nantinya tetap akan masuk ke dapur rumah tangga kami. ya ga...Namun memang tidak dapat dipungkirihal tersebut tidak semua pasangan mampu mengatasinya. Kalau saja ada pasangan yang berselingkuh dalam hal keuangan, nah, itu akan menjadi duri pertama yang akan menjadi busuk nantinya. Maka dari itu, dalam melakukan bisnis, kita memang harus berpegang pada komitmen bahwa kita ini adalah pasangan suami istri yang mencari nafkah bersama untuk kesejahteraan rumah tangga, anak2 kita kelak. 
Ada referensi buku yang sudah saya baca, mungkin bisa berguna untuk anda yang saatini ingin membangun bisnis atau memang sedang membangun bisnis bersama suami.
Baca deh buku ini, kayaknya bagus untuk diambil inti sarinya.  Membaca buku ini nantinya akan membuka wacana kita bahwa ternyata berbisnis bersama pasangan itu adalah hal yang sangat mengasyikkan.
 Judul bukunya :
" Indahnya  Bisnis Suami Istri"
Kisah sukses dan kiat membangun bisnis bersama pasangan.
Dan kisah di dalam buku ini adalah berdasarkan pengalaman nyata.

Asto Waluyo & Ari Kuntari (Pengantar: hermawan Kertajaya)

Read more »

Review Produk