Selasa, 21 Februari 2012

Mengajar membuat OL shop

Beberapa bulan ini, saya punya kesibukan baru...ga pernah membayangkan bhw suatu saat saya mampu mengajarkan orang lain komputer. Kalu diingat sih ...saya itu dari dulu paling gaptek dah ga pernah mau menyentuh apa yang namanya komputer itu. Rasanya males banget berdekatan dengan perangkat canggih itu. Bisa nyalain komputer tapi ga ngerti gimana cara metikannya. hahaha..parahlah pokoknya. Sampai suatu hari ada dorongan besar dalam diri saya untuk memaksakan diri saya berdekatan dengan perangkat tersebut dengan dimulai membeli netbook mini ..itupun saya anggurin selama setengah tahun setelah membelinya. Benar2 ga tau harus ngapain. Akhirnya..saya ke toko buku, mulailah memborong buku2 bertemakan komputer terutama menyangkut soal internet marketing. Saya mulai bikin ym, lalu email, dilanjutkan membuat akun fesbuk, dsb...itupun dibuatin oleh adik saya..hahaha...tapi...namanya memang sy ini kutu buku, tak gentar saya pelajari semua itu. Sampai tidak 3 bulan kemudian, saya sudah mampu membuat website. Hah??? website?? ga pernah terbayangkan sebelumnya deh. Dulu, saya ingin membuat website aja sayang banget sama uang, karena mahalllll sekali untuk membuat website itu bisa belasan juta saat itu. Tapi kini, saya malah mulai membuatkan website untuk orang lain. Bahkan skr saya mampu mengajar mereka dalam jangka waktu 2 jam sudah mampu membuat website dan langsung online. Memang tidak bisa dipungkiri, kebutuhan internet marketing saat ini memang merupakan identitas yg bukan barang mewah lagi, bisa dikatakan seperti sesuatu yang wajib kita miliki jika kita ingin terlihat profesional.
Nah..beberapa bulan belakangan ini, ada saja satu atau dua orang yang saya tularkan ilmu saya. Saya berbagi dengan mereka apa yang saya ketahui. Paling tidak niat mencerdaskan bangsa lah..hihihii...
Alhamdulillah, ajaran saya ga pernah ribet dan sulit diterima. Mereka rata2 langsung asik dengan mainan baru mereka. Kebanyakan dari mereka adalah membuat website ataupun blog online shop. Namun disini, saya tau waktu mereka tidak luang banyak...mereka tentu menginginkan secepatkan bisa langsung online dan berjualan. Dan memang saya wujudkan itu. Dalam waktu tidak lebih dari dua jam, mereka sudah mampu mewujudkan mimpi mereka untuk memiliki onlineshop yang dinamis dan terpercaya. Bukan onlineshop nipu. Saya mengajarkan mereka membuat onlineshop dengan situs open source. Selain jauh lebih mudah, dan sistem pembayaran pembelinya sangat aman dan efisien. Uang pembeli tidak akan hilang. Jika barang tidak sampai di tangan maka pembeli bisa komplain ke admin situs resmi tersebut, maka uangnya akan kembali utuh dan si penjual tidak akan mendapatkan se-senpun. Aman, nyaman, dan terkendali bukan...? Selain itu, onlineshop opensource juga memiliki banyak fasilitas dalam mempromosikan barang dagangan kita, mengiklankan toko kita setiap saat. Nah, jika kita sudah punya pembeli, maka sebaiknya peliharalah kepercayaan itu agar dia kembali berbelanja di toko kita. Alhamdulillah, Dua tahun saya punya 2 OLshop ramai pembeli dan lumayan menghasilkan uang saku tambahan untuk sekedar beli lipstick seharga 2 juta... wakakakaakakakk... tapi memang semua itu tdk selalu mudah dicapai. Tetap harus ulet dan tidak henti2nya menambah koleksi barang kita yang sedang trend di pasar. Namun ilmu dagang tetap harus diterapkan loh...sama seperti kalau kita buka toko secara nyata. Agar kita mampu bersaing dengan toko lainnya walaupun barangnya sama.
Nah...bicara toko nyata nih...alangkah lebih baiknya jika kita memang punya toko yang benar2 ada. Itu akan menambah kepercayaan pembeli. Terbukti dengan saya membuat kios kecil yang berpusat di Kalibata City Qioz Square, dan saya cantumkan di OL shop saya, beserta nomer telepon akurat plus pin bbm, wah...OLshop saya makin ramai pengunjung dan bertambah pembelinya. Karena mereka percaya bahwa toko saya ini bukan sekedar maya.
Namun bagi kawan2 yang belum sempat atau belum ada rezeki untuk memiliki toko nyata, jangan berkecil hati. Bisa diganti dengan cara, ini jika anda memang benar2 berniat membuat OL shop yang jujur terpercaya dan tidak ada tipu muslihat yah...hehehe...nah...cantumkanlah data profil pribadi anda yang sebenarnya, nomer telepon kalau bisa jangan hanya hp dan pin bb saja, cantumkanlah nomer telepon domisili tempat anda membuka usaha. jika anda membuka usahanya di rmh, maka pasanglah satu nomer lagi khusus untuk melayani pelanggan. Mengapa harus nomer telkom? Karena lebih akurat keberadaannya. Pembeli akan yakin bahwa toko anda tidak menipu. Itu akan membuat toko anda berjalan dengan lancar. Insyaallah...kita bisa melihat maraknya OL shop di FB. memang selarang ini ramai dengan trading. Semua orang tergiur dengan trading. awalnya coba2 eh ternyata menjanjikan...jadi..ya diteruskan deh usahanya itu...namun hati2 juga jika kita berbelanja di OLshop yang tidak jelas letak domisilinya...jangan hanya percaya dengan nomer gsm saja. Saya sudah pernah kena tipu oleh salah satu OL shop sebesar 6 juta rupiah...ga main2 ...bnr2 uang saya hilang dan barang yang saya tunggu2 ga datang2 ...wahhh rasanya saya bodoh sekali waktu itu...Nah, janganlah kita memiliki niat untuk menipu orang lain dengan cara seperti itu..
Ya kira2 seperti itulah...
Sekarang ini, saya lagi senang ngajar, lumayanlah hasil sekali ngajar bisa buat beli kopi starbucks dan avocado mouse kesukaan saya kalau saya sedang di starbucks..knp selalu ngajarnya di starbucks hayam wuruk plaza? ya karena kalau saya pulang kantor, maksudnya pulang siaran, sore jam 5 setiap hari rabu adalah waktu luangnya saya untuk bertemu dengan murid2 baru saya di starbucks yg letaknya persis dibawah kantor radio Cakrawala itu..disamping iu, koneksi wifinya juga okeh buanget...jd jangan heran, sekali belajar sama cece, langsung saat itu juga online dan mulai deh berpromosi dagangannya di OLshop murni milik mereka sendiri...begetooooo looohhhh....
Read more »

Review Produk