Minggu, 08 Januari 2012

Miss Off Air

Banyak orang yang bertanya pada saya, hampir setiap saat...mereka yang masih mengingat saya selalu bertanya "kok mba Rani ga nyanyi lagi?" "mba, udah pensiun nyanyi ya? yah...kenapa ga nyanyi lagi mba?" dan masih banyak lagi pertanyaan sejenis...hahaa...sebenarnya, sy masih nyanyi kok. Hanya saja, memang tidak seperti dulu rutin di televisi. Saya memiliki dunia saya sendiri saat ini. Selain menyanyi, saya juga sibuk mengajar nyanyi solo, choir, vokal group...dan selain itu saya juga aktif sebagai penyiar. Lalu, saya juga ngantor lho..hehe..kalau soal nyanyi, rasanya sampai saya mati, saya masih nyanyi..Insyaallah..
Lewat nyanyi, saya bisa menginfluensa penonton untuk menghilangkan kesusahan sejenak. Yang banyak hutang jadi lupa hutang sesaat^^yang sakit kepala bisa segar sesaat, yang patah hati bisa semangat lagi utk sesaat...namun sebenarnya, saya lebih mendambakan, mereka bisa senang seterusnya...

Saya memang lebih banyak tampil dari panggung ke panggung saat ini. Dan memang larisnya disitu..hihi...narsis yah...tapi ya begitulah, alhamdulillah, rezeki dari Allah selalu ada saja untuk saya. Dan predikat saya sebagai penyanyi kategori BAIK saat ini masih saya sandang. BAIK dalam kategori bertanggung jawab, totalitasnya nyata, tidak mau menyusahkan mereka yang mengundang saya, selalu berusaha memenuhi apa yang penyelenggara minta, tidak cerewet soal pelayanan mereka kepada saya, tidak pernah galak sama pengiring musik saya..hihi...kalau saya galak, bisa2 mereka malah stress ngiringin saya dan jadinya acak2an deh...pokoknya, saya FUN lah..hahaha...karena bagi saya, menyanyi itu ibadah. selain saya mendapatkan uang HALAL dengan tidak mengumbar aurat saya saat tampil, dan saya selalu disukai oleh para ibu2 karena saya tidak pernah bergenit2 dengan para bapak2nya...huahahahahaha..itu yang paling penting deh. Insyaallah, Tuhan selalu melindungi saya dan memenuhi setiap doa saya jika saya terus bertahan seperti ini. Amin.

Namun, adakalahnya si Miss Off Air ini kangen masuk TV. Sayangnya, selalu saja bentrokan dengan jadwal saya keluar kota...Namun di tahun 2012 ini, saya akan mencoba merilis album lagu kenangan lagi untuk mengobati rindu penggemarnya saya. Insyaallah...doakan saja. 
Ngomong2 soal predikat Miss Off Air...itu adalah celetukan si Ivan Gunawan yang lucu itu...saat di acara INBOX sctv, saya tampil dengan single baru saya, Ivan nyeletuk manggil saya "Inilah dia, miss off air Indonesia, Rani" huahahahhaahhh...ketawa banget saya dengarnya. Dasar si Ivan lucu banget. Tapi selain Ivan, juga ada beberapa kawan artis yang nyebut saya seperti itu. Salah satunya Sarwana. Mereka tau banget bahwa saya ini penjelajah panggung nusantara. Wakakakaakkk...soalnya, saking banyaknya jalan terbang sana sini dan selalu ketemu teman2 artis, seperti Ivan Gunawan , dia kan MC, sehingga jam terbangnya juga gile benerrr...dan seringnya ketemu dengan saya itu loh...makanya dia tuh nyebut saya Miss Off Air^^

Seperti bulan Desember, Januari, Februari, Maret mendatang..show saya beruntun. Maklum, namanya juga imlek cap go meh gitu lohhhh...udah pasti banget bakalan melanglangbuana deh...uhhh...itu namanya Rezeki toh..

Saat ini, saya sedang menjajaki pembuatan album lagu2 nostalgia. Walaupun ada juga yang bilang, "jangan lagu lama dong..yang up to date..lagu2 baru donk" wah...rasanya saya sudah cinta mati dengan genre saya. Jadi tetap deh, saya akan bawakan lagu lama ajah...kan, sudah ada jatahnya masing2...yg genre lagu2 gaul dengan lagu2 recycle. ya ga...






Read more »

Saya ingin seperti Teresa Teng menjadi penyanyi yang cinta tanah air

Siapa sih yang ga kenal Teresa Teng...sosoknya yang anggun menawan, rendah hati, berjiwa patriot, bernyanyi membela negara, lagu2nya dikenang sepanjang masa sampai ke penjuru dunia. Dimulai dengan kisah cintanya yang tragis hingga kematiannya yang mengundang misteri. Teresa Teng (deng li jun) ..satu sosok penyanyi yang luar biasa. Lagunya sungguh menggugah hati setiap orang yang mendengarnya.

Saya menyukai Teresa Teng sejak kecil. Malah bisa dibilang, dia adalah guru saya yang paling baik. Lewat lagu2nya saya bisa mempelajari menyanyikan lagu mandarin dengan lafal yang terbaik. Dengan menyaksikan setiap gayanya bernyanyi, saya berusaha seperti dia untuk menjadi sosok yang down to earth, karena memang tidak ada ruginya jika kita mau merendah diri. Dan lewat perjalanannya Teresa Teng, saya belajar mencintai negeri saya, Indonesia. Saya selalu berusaha membawa Indonesia di setiap penampilan saya dimana2, dalam negeri maupun luar negeri. Saya ingin seperti Teresa Teng yang cinta tanah air. Saya mencintai sosok Teresa Teng. Dia memberikan inspirasi yang besar bagi saya. 

Dulu sekali, saya sempat disebut2 sebagai jelmaan Teresa Teng, karena suara saya yang mendekati kemiripan...tapi itu dulu...saat saya belum menjadi seorang artis rekaman...saya terbius dengan indahnya suara Teresa Teng. Sampai2, saya selalu mendapatkan show dengan Tema Teresa Teng...di kota manado saat itu tahun 96-an..saya sempat dibuatkan show khusus lagu Teresa Teng...ada cerita uniknya..Saat itu, panggung yang dibuat dengan background gambar mendiang Teresa Teng, sengaja dibuat untuk tempat saya dan para penggemar berfoto. Dari awal hingga akhir, saya full membawakan lagu2nya. Karena memang Teresa Teng Nite. Luar biasa antusiasnya penonton saat itu. Mereka serasa benar2 menyaksikan shownya Teresa Teng..hehe...saat itu memang saya benar2 total deh. Hingga di akhir acara, penonton mengantri untuk melakukan foto bersama saya di depan background gambar Teresa Teng jumbo tersebut. Panitia memang memasang tarif foto...sehingga semua berjalan dengan baik dan antriannya teratur. Cape memang, namun saya senang bisa menghibur dan mengobati kangen mereka dengan lagu2 Teresa Teng yang saya bawakan.
Esok harinya, saya dihubungi pihak panitia, katanya diminta untuk melakukan foto ulang dengan penggemar. Wahhh...saat itu ada deh kayaknya saya harus berdiri selama nyaris 2 jam untuk foto ulang. Saya tanya penyebabnya, kenapa harus foto ulang. Barulah saya tau setelah dikasih liat hasil foto kemarin, wahhhh....Subhannallah...benar2 ajaib..masa...di sekitar seratusan lembar foto itu, semua penonton yang berfoto dengan saya wajahnya ada yang buram ada yang hitam bahkan ada yang berbayang...wajah mereka tidak jelas nampak..tapi ang anehnya, hanya wajah saya dan gambar Teresa Teng yang jelas dan bagus sekali. Aneh kan????wah wah....langsung saja hal tersebut menjadi pembicaraan di lingkungan mereka yang hadir menyaksikan show saya malam itu. Mungkin, mendiang Teresa Teng tau banget bahwa saya benar2 memujanya, menghormatinya, mengenangnya, hingga, hanya sosok saya dan gambar dia yang ada dalam setiap foto.. hehe...Wallahualam....
Sayangnya, saya tidak menyimpan foto2 tersebut. Namun tentunya panitia di Manado sana pasti masih menyimpannya.

Saat ini, saya sudah tidak meniru gaya nyanyinya Teresa Teng...dan saya juga berusaha melatih vokal saya apa adanya Rani. Bukan Teresa Teng lagi...Namun, saya masih menggemari lagu2nya dan selalu membawakan lagu2nya di setiap kesempatan tampil membawakan lagu2 nostalgia mandarin. Berikut ini adalah saya ketika menyanyikan lagu Teresa Teng secara medley...ini juga diambil saat saya di Surabaya...
Teresa Teng...Luv u forever^^



Read more »

Lagu nostalgia tetap menjadi ciri khas-ku

Selam berkarir di bidang tarik suara, dimulai dengan dikenal sebagai penyanyi lagu nostalgia tahun 90-an hingga kini dikenal sebagai penyanyi spesialis lagu mandarin, ribuan kali manggung sana sini, membuat saya semakin matang dan santai saat bernyanyi. Lucunya lagi, saya disebut sebagai Miss Off Air oleh Ivan Gunawan...karena, walaupun saya belakangan ini jarang tampil di TV, namun, kemana2 saya selalu laris di off air nya...dan sering banget ketemu Ivan Gunawan selaku MC..hahahah...
Dan saking matangnya di panggung, bahkan tak jarang, jika tiba2 lupa teks lagu, saya mampu menggubahnya dengan kalimat lain yang sesuai dengan irama dan nadanya. Lalu, jika tiba2 di panggung saya tersandung jatuh di panggung  akibat dress yang terlalu panjang ataupun high hills yang terlalu tinggi saya masih mampu tertawa lepas sambil berguyon dengan penonton. Atau bahkan jika saya memakai wig namun saat nyanyi tiba2 wig nya copotpun saya masih bisa mengatasinya dengan santai dan mengundang tawa dan tepuk tangan penonton dengan candaan saya. Ngomong soal wig, saya ada cerita lucu, pengalaman nyata..nanti saya ceritakan di lembaran lain yah^^ Banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan selama 25 tahun berkarir ini. Hingga banyak orang yang bilang, saya ini rada ajaib, seolah segala sesutu tidak ada rintangannya bagi saya. Santai, ga mau pusing, namun profesional dan serius jika sedang berperan sebagai seorang entertain. Saya paling pantang mencampur adukkan masalah pribadi dengan pekerjaan. Walaupun dalam keadaan gundah masalah pribadi, namun saya tetap mampu tampil maksimal di muka umum saat bernyanyi.

Walaupun saya dikenal sebagai penyanyi mandarin saat ini, namun, saya tidak lupa dengan asal muasal saya sebagai penyanyi lagu nostalgia. Dimanapun saya tampil, lagu nostalgia Indonesia dari album2 saya terdahulu tidak pernah saya lupa membawakannya. Karena hingga kinipun, penggemar saya masih banyak yang ingat Rani^^apalagi, mereka paling ingat dengan lagunya saya "anggrek bulan" dan "gembala sapi" ..hehehe...

Setiap penampilan saya, selalu berusaha yang terbaik agar penonton tidak kecewa dan bosan dengan lagu2 saya. Misalnya, saya paling suka membuat susunan medley untuk lagu2 yang saya bawakan. Dan format tersebut tentulah sangat asik untuk disimak, dan selalu membuat surprise penonton. Saya selalu berani membayar arranger khusus yang bisa membuatkan medley lagu saya dengan apik. Mulai dari lagu Indonesia, barat hingga mandarin..
Beberapa tahun lalu, Indosiar pernah booming dengan acara Tembang Kenangannya. Dan saya selalu mendapatkan kesempatan untuk tampil di acara tersebut. Namun kini, acara tembang kenangan itu sudah tidak ada lagi, sehingga semakin berkuranglah wadah khusus lagu2 nostalgia. Nah, karena itulah, setiap kali saya tampil, mereka tidak pernah absen untuk meminta saya menyanyikan lagu2 kesayangan mereka.

Khusus lagu Barat, saya paling suka menyanyikan lagu2 tahun 60-70an..hehe..jadul banget yah...tapi asyik banget untuk disimak. Saya suka lagunya Connie Francis, Barbara S , Beatles, Frank Sinatra, dsb...Dan lagu2 tersebut sangat asik lho untuk dibawakan dalam nuansa Medley...ga percaya? Coba saja simak video berikut ini. Ini diambil saat saya sedang berlatih dengan Band pengiring saya di kota Surabaya,,,,Roy Orchestra..





Gimana???asyiik kan.....^_^
Read more »

Review Produk