Posted by : Rani Pancarani Selasa, 13 November 2012

Mau ada  rencana ke luar negeri? Pastinya kalau sampai kita meninggalkan perangkan bb atau blackberry kita di rumah, yang ada mati gaya deh. Apalagi, kalau bb nya memang merupakan alat komunikasi utama kita untuk bisnis, gaul. Benar2 kita akan banyak kehilangan rezeki kalau bb kesayangan kita sampai tidak bisa aktif di negara tujuan. Ya ga? 
Wah apalagi kaya saya yang narsis ini, maunya tiap saat selalu update photo dan kisah pengalaman ke fesbuk dan blog. 
Nah, jangan sampai kamu mengalami tagihan meledak seperti saya dua tahun lalu. Saya sempat kecele, saking asiknya bbman di luar negei selama lima hari doank, tagihan Telkomsel saya bengkak parahhh.. 21juta rupiah yang harus saya bayar. Yang pada akhirnya saya harus rela merugi.
Makanya, saya lebih menyarankan jika mau keluar negeri, siapkanlah kartu pedana prabayar. Jangan gunakan kartu abodemen seperti saya waktu itu. Sejak saat itu, saya belajar cermat. Setiap keluar negeri, saya selalu aktifkan bb saya dengan kartu perdana isi vocher.
Ingat ya, akan lebih aman jika kita mengaktifkannya sebelum boarding pesawat. Karena jika kita aktifkan saat sudah sampai di negara tujuan, jangan nangis kalau tau-tau pulsa kita bekurang sekian puluh ribu bahkan ratusan ribu. Itu padahal saat proses mengaktifkan paket bb doank lho, bayangkan aja kalau sampai kita ga mengaktifkan paket bbnya. Matilah makkk...
Makanya, aktifkan dulu sebelum kita naik pesawat. Dan ingat, isi pulsa dulu kalau perlu langsung 150ribu deh atau bahkan 300ribu tegantung kamu mau perginya berapa lama.
Cara mengaktifkannya, nih saya share ya...ikuti saja caranya. Insyaallah nyaman tentram sejahtera damai bahagia deh selama di luar negeri ga mati gaya. Hehehe....
  

Telkomsel
Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan internasional, di negara-negara tujuan favorit di Asia, Telkomsel menyediakan paket data roaming agar komunikasi pelanggan dan keluarga atau kolega di Tanah Air tetap berjalan lancar. Paket tersebut bertajuk Unlimited BlackBerry Roaming.

Paket ini dibagi dalam dua opsi, yakni Unlimited BlackBerry Roaming 1 hari dan Unlimited BlackBerry Roaming 3 hari. Untuk yang satu hari, Telkomsel mematok tarif Rp50.000 untuk kartu Halo dan Rp55.000 untuk pelanggan Simpati dan Kartu AS. Sedangkan untuk paket 3 hari, pelanggan Kartu Halo harus menyisihkan Rp120.000, sementara pelanggan Simpati dan Kartu AS Rp140.000.

Agar dapat menikmati paket di atas, pelanggan harus sudah mengaktifkan layanan Blackberry domestik, baik BIS maupun BES. Mendaftar layanan BlackBerry dapat melalui *363#. Selanjutnya, untuk hemat akses data saat roaming di luar negeri, silahkan aktifkan salah satu menu paket data roaming melalui *266#. Nantinya, layanan BlackBerry yang berlaku di luar negeri  akan mengikuti jenis paket BlackBerry domestik yang diaktifkan,  baik itu paket Unlimited, Business, maupun Lifestyle.

XL
XL Axiata, yang mengklaim sebagai operator pertama di dunia yang menyediakan layanan BlackBerry roaming bagi pelanggan pra bayar, pun memiliki layanan roaming BlackBerry. Dengan mengaktifkan layanan bertajuk BlackBerry Roaming di luar negeri, pelanggan dapat menikmati layanan e-mail, messenger, dan Internet selama berada di negara tujuan.
Paket BlackBerry Roaming menyediakan tarif roaming BlackBerry per hari dengan harga yang berbeda antara pelanggan prabayar dan pascabayar. Di sebagian besar negara, pelanggan prabayar cukup merogoh kocek Rp50.000 per hari, sementara pelanggan pascabayar sebesar Rp25.000 per hari. Kecuali di Arab Saudi, baik pelanggan prabayar maupun pascabayar harus menyisihkan Rp75.000 per hari. Khusus 10 negara, meliputi Jepang, Singapura, Malaysia, Kamboja, Bangladesh, Sri Lanka, Hong Kong, Macau, Taiwan, dan Filipina, pelanggan bisa menikmati fasilitas roaming gratis selama 3 hari pertama, dengan syarat maksimal 3 kali kunjungan ke negara tujuan.

Sama seperti Telkomsel, pelanggan yang ingin menikmati layanan BlackBerry Roaming harus terdaftar layanan BlackBerry Full Service atau BlackBerry 3in1 Unlimited saat masih berada di Indonesia. Untuk mengaktifkannya, pelanggan cukup mengirimkan SMS dengan format BBROAMING ke 568. Kecuali AS dan Australia, format SMS yang berlaku adalah BBInternational ke 568. Pelanggan juga bisa menekan *123# pilih menuInternet/BlackBerry > BlackBerry > International Roaming > lalu pilih Negara yang dikehendaki.

Khusus 10 negara, meliputi Jepang, Singapura, Malaysia, Kamboja, Bangladesh, Sri Lanka, Hong Kong, Macau, Taiwan, dan Filipina, pelanggan bisa menikmati fasilitas roaming gratis selama 3 hari pertama, dengan syarat maksimal 3 kali kunjungan ke negara tujuan.

Indosat
Untuk pelanggannya yang sering bepergian ke luar negeri, Indosat menyajikan tarif flat roaming BlackBerry, yakni tarif tetap yang berlaku untuk penggunaan DATA APN BlackBerry.net maupun indosatgprs, tidak termasuk voice maupun SMS, di seluruh negara yang merupakan mitra roaming Indosat. Ada sekitar 28 negara yang dijangkau. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat mengunjungi situs resmi Indosat BlackBerry di www.indosat.com/BlackBerry. Info roaming juga dapat diakses melalui UMB *122#.

Tarif flat BlackBerry roaming yang dikenakan pada pelanggan berkisar antara Rp25.000 (pascabayar) dan Rp45.000 (prabayar) hingga Rp 169.000 per hari. Tarif yang berlaku berbeda berdasarkan negara yang dituju oleh pelanggan. Keunggulannya, pelanggan Indosat tidak perlu melakukan registrasi sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri.

Namun, meski tanpa registrasi, pelanggan tetap harus memerhatikan hal-hal yang perlu dilakukan sesampainya di negara tujuan. Saat sampai, pelanggan wajib secara manual memilih network operator di negara yang dituju 1 dengan cara sebagai berikut: Buka menu Manage Connections > pilih Mobile Network Options > pilih Network Selection Mode > pilih Manual. Setelah itu akan muncul Available Network yang berisi network beberapa operator yang ada di negara tersebut. Pilih operator yang telah bekerja sama secara khusus dengan Indosat untuk layanan roaming. 

Ya kira2 seperti itulah....indahnya bebagi ya cyiiiin...






Sent from Samsung tablet

{ 4 komentar ... read them below or Comment }

  1. kalau 3 pak??

    Thanks
    LENNY

    BalasHapus
  2. nanya nih , hari pertama aku ke malaysia , trus di hari itu klo w aktifkan bskny hari kedua aku mau ke thailand masih jalan g paketnya tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dilihat dulu apakah operator Indonesianya ada bekerja sama dengan operator negara yang kita tuju atau tdk. Kalau ada, juga harus diliat apakah paketnya sudah terpakai 24 jam. Jika sudah 24 jam, ya mau ga mau harus perpanjang paket^^

      Hapus
  3. nanya nih,kan saya pke XL,paket apa yang saya aktifkan sebelum naik pesawat?

    BalasHapus

- Copyright © Blog Cece Rani - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -