Jumat, 18 Mei 2012

Bertemunya 3 generasi dalam "The Legend Concert"




Saya selalu mengagumi lagu2 PANBERS sejak saya kecil. Karena terbiasa mendengarkan orang tua saya sering sekali memutar lagunya di rumah. Seingat saya, hampir setiap pagi, kami selalu dibangunkan dengan alunan lagu2 tembang lawas, termasuk koleksi PANBERS. Bagi saya, sudah tidak asing lagi bagi saya semua lagu2nya. Terutama ayah saya, beliau sangat menyukai lagu2 band besar ini. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa saya akan satu panggung dengan PANBERS. Sebenarnya, saya mengenal sosok om Benny sebagai vokalisnya itu sudah lama sekali, saat itu saya masih kecil, masih baru hobinya nyanyi2. Dan saya ingat beliau waktu itu diundang khusus oleh penyelenggara acara di Glodok Plaza untuk tampil bersama artis besar lainnya. Saya yang waktu itu masih duduk di kela satu SMP, barulah tau bahwa ternyata yang namanya Benny Pandjaitan itu adalah penyanyi yang sangat disukai orang2, dan dialah vokalis band PANBERS. Wow.

Kini, rupanya setelah sekian lama melanglangbuana nyanyi sana sini, saya akhirnya dipertemukan dengan mereka. Walaupun sebenarnya saya sudah mengenal mereka sejak saya menjadi penyanyi, apalagi saya berteman baik dengan saudaranya om Sido selaku pemain drum nya, dan juga meupakan adik kandung om Benny, tapi biarpun sering betemu, tak pernah sekalipun kami dipertemukan dalam satu event yang sama.

Alangkah senangnya saya waktu mendapatkan tawaran konser bareng band besar ini:)

Apalagi ditambah, ada mas Obbie Messakh yang merupakan penyanyi dan pencipta lagu besar juga turut menjadi bintangnya. Wah..wah...ini merupakan suatu acara yang sangat menarik perhatian. Hebatnya, konser ini dinamakan dengan tema LEGEND. Legendaris. Dalam konser ini selain menayangkan video klip kami, riwayat kami, juga menyajikan lagu andalan kami.

Target pengunjung yang diharapkan oleh panitia ada 300 orang. Diadakannya dalam ball room Aston hotel, pontianak. Mini konser ini ga bisa dibilang mini juga rupanya, karena penataan panggung dan sound systemnya saja tidak bisa dibilang kecil. Namun kalau dari segi ruangan, memang kapasitasnya sangat baik untuk menampung tidak lebih dari 30 meja, masing2  meja berisi 10 orang. Dan harga tiketnyapun sudah temasuk mendapatkan CD khusus lagu kami.

Obbie Messakh membawakan enam buah lagu solo ditambah satu lagu berduet dengan saya, menggantikan posisinya Sarwana menyanyikan lagu Setangkai Anggrek Bulan yang saya rekam bersama Sarwana pada tahun 1994. Antusianisme penonton sungguh luar biasa, mereka begitu merindukan lagu2 tembang lawas kami. Mas Obbie membawakan lagu andalan dia, Kisah Kasih Di Sekolah dengan dikolaborasikan penampilan dua anak SMA sedang memadu kasih. Semua penonton ikut menyanyikannya:) Hebat.

Saya membawakan 6 buah lagu juga, tapi khusus saya, diwajibkan pula membaakan lagu mandarin. Hahahaha...ya karena memang pengunjungnyapun banyak penggemar lagu mandarin saya. Saya bawakan lagu milik Krispatih dalam versi mandarin YIN WEI AI, tepuk tangan mereka riuh sekali. Dan saya sesekali bercanda dengan mereka dengan guyonan segar lalu mengajak menyanyi bersama.

Malam itu, Adri Manan walaupun tidak disiapkan untuk tampil, namun karena antusianisme penontonnya, dia turut muncul di panggung, yang cukup membuat semua orang surprised.  Pemunculan Adri Manan yang hanya sepuluh menit saja sudah menambah semangat mereka untuk tidak beranjak dari kursinya.

Saatnya tiba. ....kini giliran PANBERS yang akan tampil. Tidak hanya penonton saja yang bersiap, saya, mas Obbie dan Adri ikut turut bersiap2 menyaksikan penampilan mereka. Yang membuat kami penasaran, karena kini om Benny tidak dalam kondisis sehat seperti dulu. Om Benny sudah harus duduk di kursi roda selama dua tahun ini. Beliau terkena stroke yang membuatnya tidak mampu berjalan.Sungguh hebatnya...dalam keadaan seperti itu, semangatnya untuk nyanyi tenyata tidak pudar.

Penasaran kami benar2 terobati ketika saya mendengar suaranya...."aku datang...kali ini...tanpa tangis dan duka...hanya titik...air mata...dan senyum kehancuran..." ya Alllah...betapa luar biasanya ciptanMu ini, manusia kuat, tegar dengan vokalnya yang tidak berubah sama sekali, dengan kharisma PANBERSnya yang menawan, laki2 paruh baya itu duduk di atas kursi roda dengan didorong asisten kepercayaannya. Om Benny mengenakan jas abu silver, dengan tenang penuh percaya diri, beliau melantangkan suaranya menyanyikan lagu AWAL DARI CINTA sebagai lagu pembuka konsernya. Didorong memasuki ruangan melalui pintu ball room utama menuju panggung. masyaallah..subhannallah..merinding seluruh tubuh saya. Mendengar suaranya yang lantang, melihat penampilannya sekarang. (video akan saya upload di tulisan berikutnya).

Om Benny sama sekali tidak terlihat "hancur". Malah dia telah memberikan inspirasi bagi semua orang yang ada dalam ruangan itu.termasuk saya. Saya kagum dengan penampilannya. Dia benar2 terlahir untuk menyanyi. Seperti saya, dan saya yakin bahwa saya memang seperti dia, dalam kondisi kritispun saya masih mampu bernyanyi dalam menghadapi semua masalah hidup. Saya kagum pada om Benny karena saya seolah melihat diri saya. Betapa semangatnya saya bernyanyi saat kaki saya baru saja dijahit karena robek jatuh dari tangga lantai dua dia rumah saat hamil dan berusaha melindungi kandungan saya dengan menahan tubuh saya pakai lutut hingga robek tekena pecahan gelas dan saya nyanyi di kursi roda, betapa saya tetap semangat nyanyi walaupun saya masih dalam keadaan diinfus akibat terserang asma yang nyaris merenggut nyawa saya...saya keluar rumah sakit dengan membawa tabung oksigen ke lokasi shooting lalu saya kembali lagi ke rumah sakit untuk melanjutkan perawatan, betapa saya tetap bisa bernyanyi walaupun dalam keadaan sakit apapun. Itulah saya, bukan demi uang, namun demi menepati janji saya pada orang yang meminta saya untuk tampil, dan demi kepuasan bathin saya telah menyenangkan orang sekitar dengan nyanyian saya. Dan saya melihat, om Benny sama seperti saya. Namun jika suatu hari saya diberi sakit lumpuh seperti om Benny, apakah saya masih diberikan suara yang lantang seoerti beliau? Insyaallah, saya percaya, apapun kondisi yang diberikan oleh Allah kepada kita adalah yang terbaik.

Penampilan PANBERS malam itu sangat memukau, dengan formasi anyarnya mereka, ada sosok HENRY LAMIRI yang tak kalah penting. Rupanya, dia sudah bergabung dengan band legenda tersebut selama dua tahun ini untuk lebih mempercantik formasi band. Gila! Emosi luar biasa saat dia memainkan instrumen LOVE STORY sebagai pengisi saat om Benny istirahat ambil nafas, namun om Benny tetap di panggung tidak kemana2. Ya Allah, sekali lagi saya harus kagum dengan jari2 ciptaanmu...begitu dahsyatnya gesekan biola yang ditampilkan malam itu. Semua orang terkagum2 dengan lagu yang dibawakannya. Musisi KELAS DUNIA!

Semua lagu PANBERS dibawakan begitu indah lengkap dengan biola Henry Lamiri. Tidak terasa, air mata saya menetes tanpa ada yang melihat. Saya tersentuh luar biasa. Lagu mereka memang bagus setiap saya dengar di CD dan kaset, namun malam itu, menggelegar berlipat ganda di telinga saya. Penampilan om Sido, patut diacungi jempol. Beliau dipanggil opa oleh semuanya. Memang dia sudah terlihat tua, tapi penampilannya meeeeeen.....mantab!dedikasinya hebat. Pasti kalau kalian lihat cuplikan video saat dia demonstrasikan permainan drum nya, kalian akan kaget dan geleng kepala.orang setua itu masih ada tenaga untuk menabuh drum layaknya anak muda.Dan permainannya, ,,saya sulit menggambarkannya dengan kata2..nanti lihat saja sendiri seperti apa ya..saat ini videonya masih saya edit.

Masuklah lagu Risau...ampun deh...itu lagu ga ada matinya...."bila malam telah tiba...kutanya bulan kemana engkau pergi...bila fajar tlah menyingsing..kutanya matahari kapan kau kembali...risau hatiku..." sekali lagi, air mata saya menetes...Om Benny....kok bisa sih menciptakan lagu2  indah seperti itu, bisa dikenang sepanjang masa, bisa melegenda...hiiksss...emosi banget ahhh dengernya...

Konser ditutup dengan...GEREJA TUA...alamakkkkkk...itu lagu saya tuh...lagu favorit saya kalau show, seringkali saya menyanyikan lagu itu untuk mengajak penonton ikut bernyanyi. "hanya satu...yang tak terlupakan..kala senja di gereja tua...waktu itu...hujan rintik rintik..kita berpayung di baah atapnya..." saking emosinya saya, sudah ga perduli lagi deh, ikut2an nyanyi sekeras2nya...hahahahaa...puaslah hatiku......

Total saya tidak sempat hitung berapa banyak lagu yang dibawakan mereka. Yang pasti smua penonton puas dengan konser itu, tiket terjual habis, penyelenggarapun hepi, kamipun juga pulang ke jakarta dengan membawa kenangan masing2. Terima kasih Pontianak, semoga saya bisa hadir lagi ke sana dengan konser berikutnya:)

**Nantikan upload video belakang layar yah:)

Published with Blogger-droid v2.0.4
Read more »

Rabu, 16 Mei 2012

Perjamuan makan malam Indonesia -Korut berlangsung menyenangkan



Alhamdulillah, semalam saya bersama mas Yana Yulio dan teh Dewi Gita telah berhasil tampil nyanyi dengan baik. Kami masing2 membawakan empat lagu. Semula, kang Yana berencana menyanyikan lagu ARIRANG yang mendunia itu, lagu simbol bangsa Korea. namun, melalui perdebatan yang panjang dari pihak protokoler istana negara dengan pihak perwakilan delegasi korut, diputuskan untuk tidak membawakan lagu tesebut. Padahal sebenarnya, bila saja merka mengerti, Arirang merupakan lagu sejarah Korea. Namun memang kebetulan lirik lagu yang dihafalkan oleh kang Yana adalah lirik Arirang versi korsel. Sekedar info,  Arirang memang tebagi ata tiga versi. Versi yang pertama kali muncul adalah versi asli ARIRANG yang mengidentitaskan KOREA sebagai bangsa kesatuan. Namun setelah perang korea tahun 50an, merka tepecah menjadi Selatan dan Utara, maka masing2 menggubah liriknya dengan ARIRANG versi selatan dan ARIRANG versi utara. Karena mendunianya lagu tesebut hingga ada versi bahasa mandarinnya dengan judul a li lang yangdinyanyikan oleh Teresa Teng. Nah, istana memutuskan untuk tidak membawakan lagu tersebut mengingat sensitifnya kedua negara ini. Walaupun ada saya siap dengan lirik ARIRANG versi korut, namun tetap ditetapkan untuk menghilangkan lagu tersebut dari daftar lagu semalam. Kang Yana tentunya kecewa karena hilang kesempatan menyanyikan lagu korea nya. Namun dengan berbesar hati demi kenyamanan dan kelancaran acara semalam, kang Yana tidak keberatan lagu tersebut dihilangkan dari daftarnya. Tapi, penampilan dia tetap memukau, dengan lagu medley ciri khas Elfas Singer, dia membawakan lagu BEE GEES dengan sangat apik diiringi oleh Audiensi Band. Saya jadi ikutan nostalgila mendengar lagu yang dibawakannya. Dan bapak presiden kita memang sangat senang dengan lagu WORDS milik BEE GEES, sehingga terlihat dari wajah beliau saat mendengarkan lagu yang dibawakan oleh penyanyi senior tersebut.

Dewi Gita tugasnya menyanyikan lagu pop nya. Si teteh bawain lagu THE WAY WE WERE dengan sangat merdu, lalu lagunya Chrisye, mendayu2 suaranya. Memang tidak bisa dipungkiri, namanya penyanyi senior yah tetep aja seniornya pasti kelihatan. Dengan gaya berbusana yang apik dan suara vocal lantang, kami dengan penug percaya diri selalu berani tampil tidak gentar walaupun dalam suasa acara yang tegang. Saya, termasuk penyanyi senior, angkatan 90-an, jadi, alhamdulillah selama aktif menjadi salah satu penyanyi di istana kepresidenan, saya belum pernah melakukan kesalahan dalam berbusana maupun dalam memilih lagu. Nah, acara semalam, tugas saya lebih sedikit berat, karena harus meyakinkan kepada protokoler istana bahwa lagu yang akan saya bawakan adalah berasal asli dari korut. Saya mendapatkan referensi lagunya pun juga langsung dari kawan asli korea utara, dan saya dipilihkan lagu terbaik dan paling dikenal disana. Judulnya, HIPARAM yang artinya adalah siulan. Lagu itu sangat saya suka, karena jenaka dan pop klasik yang benar2 korea banget.  Untuk melih meyakinkan mereka, sayapun tuliskan judulnya dalam huruf bahasa korea"hangeoul". Alhamdulillah, lulus seleksi, saya memang menyiapkan dua buah lagu korut, namun yang harus dinyanyikan ternyata hanya satu lagu saja. Wah, syukurlah, tugasnya lebih ringan dikit deh...hehe...tapi, beratnya adalah, harapan merka tertuju pada saya, karena hanya sayalah yang membawakan lagu korut yang mereka harapkan bisa menyenangkan bagi tamu negara kita kali ini.

Saya pelajari lagunya tidak terlalu lama, karena memang saya suka lagu klasik, sehingga, lagu klasik bernada paling aneh dan asing sekalipun saya cukup tangguh untuk mempelajarinya.

Si kang Yana sampe bingung lihat lirik lagu yang saya siapkan. Hehe...dia bekomentar " kamu nih dari dulu ga berubah ya dedikasinya dalam nyanyi. Rapih banget. Hebat." hehehe..jadi malu dipuji gitu...hihi..tapi memang semua itu berangkat dari pengalaman. Karena saya pernah mengalami hal yang paling buruk saat tampil nyanyi, maka saya selalu mendapatkan pelajaran berharga. Seperti jika nyanyi di istana, walaupun saya sudah hafal dengan lagu asingnya, tapi tetap saya siapkan liriknya yang saya ketik di kerta lalu saya laminating supaya bersih, tidak lecek, dan aman dari tumpahan air jika saya sedang di meja minum teh dan kopi. Lirik itu sangat berguna buat saya. Namanya juga kalau nyanyi di istana bikin sakit perut karena tegang, walaupun kita sudah hafal lirik tapi karena cemas di panggung bisa saja tiba2 blank ini isi kepala dan ga keluar deh liriknya. Hadooooooohhhh...nah kalau sudah seperti itu, lirik yang saya ketik itu akan sangat sangat sangat berguna bagi saya.Tidak hanya lirik lagu asing lho. Saya selalu siapkan juga lirik lagu indonesia yang akan saya nyanyikan. Namanya juga manusia, kadang bisa aja grogi kan...masalahnya, yang nonton kita itu bukan orang sembarangan. Mereka adalah orang nomer satu di negaranya.

Tibalahgiliran saya tampil menyanyikan lagu korut itu. Wah...yang tegang ternyata bukan saya aja lho. Para pengawas istana semuanya tegang. Merka merasa seperti gambling apakah tamu negara akan senang ataukah kecewa. Saya berusaha menenangkan ibu Adek yang menjadi pengawas pengisi acara. Saya yakinkan dia bahwa semua akan baik aja. Saya sih ga heran kenapa pada tegang gini. Biasanya kalau Presiden atau PM negara manapun hadir, tidak setegang ini. Baru kali ini nih saya merasakan ketegangan mereka. Alhamdulillah, saya tidak terpengaruh. Itulah dia yang saya bilang, bedanya senior dengan junior...jiahhhhh..narsis yah..tapi memang pengalaman adalah guru yang paling hebat buat kita.

Mulailah saya menapaki panggung. Dentingan musik sudah mulai. Dan buasanya kalau tampil di istana, kita memang tidak diizinkan untuk menyapa para tamu dengan ucapan selamat malam dan teima kasih. Kami hanya diharuskan bernyanyi dengan baik dan tidak mengecewakan Presiden,  itu saja. Jika kita keceplosan mengucapkan kalimat salam saja, biasanya pas turun panggung bisa ditegur pengawas agar tidak usah lagi berucao kata, cukup nyanyi saja.

Saat intro mulai, ternyata sangat menarik perhatian para tamu korut kita. Mereka yang tadinya serius menyantap makan malamnya, langsung menoleh menatap saya di panggung. Merka ada yang tersenyum, seolah mereka mengenal dentingan intromusiknya. Dan benar saja, pas saat saya mulai nyanyikan lagunya dengan lafal korut yang benar2 telah saya pelajari beberapa hari ini, spontan membuat merka meletakkan sendok garpunya dan mulai bertepuk tangan mengikuti ketukan lagu saya yang ceria ini. HIPARAM, memang lagu yang sangat dikenal mereka. Wow. Yang membuat saya surprised, pemimpin korut mereka itu yang tadinya serius ngobrol dengan pak SBY tiba2 mengangkat kepalanya dan tersenyum bahkan langsung bertepuk tangan mengikuti lagu saya. Saya lihat, ada juga yang mulutnya komat kamit hafal dengan lagu ini.

Wow...mungkin sejenak para pejabat kami sempat kaget melihat raksi tamu negaranya. Akhirnya, presiden kitapun turut senyum senang dan sepertinya beliau langsung bertanya pada pentejemahnya yang selalu mendampingi beliau saat acara makan malam, mungkin bertanya, lagu macam apakah yang saya bawakan ini sehingga membuat para tamu kehormatannya begitu senang dan bersemangat. Alhamdulillah. Lulus juga ujian saya semalam:)

Setelah itu, saya dengar tepuk tangan dalam ruangan begitu riuh, merka senang dengan lagu korut nya.

Selesai lagu HIPARAM, saya langsung menuju suku mandailing sumatra utara (batak) , dengan lagu SI TOGOL. Karena tamu negara kami sudah sangat senang dengan lagu korutnya, maka saat saya bawakan lagu SI TOGOL pun mereka ikut anggukkan kepala mengikuti irama cha cha nya:)

Sempat juga mereka surprised dengan lagu sunda yang saya bawakan, BUBUY BULAN. Gaya nyindennya saya sudah membuai telinga mereka.

Akhirnya...acara selesai. Semuanya senang karena berjalan lancar dan tidak setegang yang dibayangkan. Pujian dari delegasi korut membuat saya berbangga sebagai penyanyi indonesia, karena bisa memberikan kesan "kampung halaman" bagi para tamu kenegaraan.

Published with Blogger-droid v2.0.4
Read more »

Selasa, 15 Mei 2012

Hari ini saya akan bertemu dengan pimpinan tertinggi Korea Utara di istana negara...


Tidak seperti biasanya, acara jamuan makan malam bersama presiden RI dan tamu negara seperti hari ini. Lebih tegang dari biasanya. Hari ini memang menyambut kehadiran pimpinan tertinggi Korea Utara. Bisa dibilang, presiden termuda saat ini. Jika pada masa jabatan ibu Megawati saya pernah menyambut kehadiran sang ayahnya yang sudah almarhum yaitu presiden Kim Il Sung, hari ini yang akan saya sambut adalah putranya, yaitu Kim Yong Nam. Wah...biasanya sih, kami siap di istana negara jam lima sore, lalu cek sound, nah kali ini berbeda, saya diminta hadir lebih awal, jam tiga siang sudah harus disini. Sambil nunggu waktu, untungnya saya bawa tablet saya dan bisa update blog.

Rupanya, alasannya kenapa harus hadir lebih awal, karena harus mengkonfirmasikan lagu korea yang akan saya bawakan. Jangan sampai saya menyanyikan lagu Korea Selatan. Gitu looh...tapi alhamdulillah, karena referensi lagu saya lumayanlah, jadi saya bisa memilah mana lagu yang boleh dan tidak boleh dinyanyikan.

Saya dulu sudah pernah menyanyikan lagu korsel, dan kini, saya akan bawakan lagu korut yang ternyata sangat klasik dan kalau bagi saya enak sekali untuk dibawakan dan saya yakin tamu negara kita akan suka dengan lagu ini. Judulnya HIPARAM. Artinya SIULAN. Lagunya indah banget kalau didengar, jenaka.

Sekarang lagi nunggu nih...penyanyinya sudah hadir tapi Audiensi Band nya belum hadir, belum lengkap.

Yang paling saya tunggu biasanya saat cek sound, pak SBY suka mampir ke belakang panggung untuk sekedar menyapa kami untuk menanyakan kesiapan kita,  apakah kami sehat, sudah makan belum, bagaimana dengan musiknya sudah siap belum. Wah...raanya nyaman sekali, seorang Presiden menanyakan kondisi kita:)

Sebentar lagi saya harus cek sound nih...saya akan lanjut kegiatan saya hari ini bertemu dengan presiden temuda di dunia ini nanti yah...sekarang break dulu yeeee



Published with Blogger-droid v2.0.4
Read more »

Senin, 14 Mei 2012

Saya suka cemilan Taiwan


Kangen jalan2 ke taiwan...mungkin karena dari usia tiga tahun saya sudah stay di sana sampai nyaris menyelesaikan sekolah dasar, jadi, bagi saya, Taiwan sudah sama seperti Indonesia, bak kampung halaman juga. Ehhmm..

Banyak ang heran, kenapa kalau musim liburan, saya selalu ga bosannya pergi ke taiwan, padahal kan semestinya masih banyak tempat lain yang bisa dikunjungi. Nah, kalau bicara itu, jawabnya mudah saja, saya kalau ke taiwan itu seperti kewajiban mudik. Heheh..

Kawan saya masih banyak disana, keluarga angkat saya juga. Apalagi, saya suka banget sama masakan taiwan. Cemilannya, pernak perniknya, wisatanya, yahhh pokoknya sampai kapanpun saya ga akan pernah bosan ke sana. Bahkan, saya juga sudah beberapa kali mengajak suami untuk tengok kampung halaman saya itu. Wkwkwkwkwkwk...kampung halamn boooo

Dan lucunya, suami saya itu jga turut jatuh cinta sama kampung saya. Dia bilang, tenyata taiwan itu asik, makanannya enak2, orangnya ramah2, kalau belanjapun juga banyak barang uniknya. Hitung2, saya sudah tiga kali mengajak dia kesana. Selain memang memenuhi undangan nyanyi disana, kami juga menyempatkan liburan jalan2.

Saat itu, tahun 2009 saya sempat ajak adri ke xiao ren guo. Tempat wisata unik. Dia jauh di luar kota taipei. Tempat itu luasnya bukan main. Kita kalau kesana serasa keliling dunia. Bisa melihat semua bangunan besejarah, bangunan spektakuler, teknologi, dan kebudayaan semua negara di dunia hanya dalam waktu setengah hari saja. Soalnya, bangunannya bentuknya mini. Tapi, semuanya serba elektrik, sampai manusia kerdilnya dan mobil, kereta, kapa, pesawat, semuanya begerak.  Kata Adri, di Amsterdam juga ada taman wisata seperti itu. Dia dulu lama tinggal di Belgia, dia banyak bercerita tentang asiknya negara eropa. Lalu, saya mengajak dia ke xiao ren guo di taiwan, wahhhh, dia girang banget. Ternyata ada juga seperti yang dia bilang yang ada di amsterdam, tapi, yang di taiwan ini lebih menyenangkan katanya. Apalagi, sekarang tidak hanya taman miniatur aja, sekarang juga sudah ada taman semacam dufan disana, tapiiii, lebih besar lebih banyak permainannya dibanding dufan. Kita seneng banget jalan2  disana serasa honey moon. Hihi

Sudah ada sekitar 2 tahun saya tidak mudik nih. Hehe...rasanya kangeeeeen banget. Apalagi kalau ingat pasar malamnya, shi lin ye shi, yang saya bayangkan itu adalah cemilan panggangannya itu loh...enaaaaak banget. Saya paling suka makan panggangan tian bu la. Tebuat dari terigu dan ikan, mirip empek2 palembang, tapi ini dibakar dan diolesin bumbu manis dan sedikit pedas. Enak banget. Sekali makan, aya mampu menghabiskan sampai sepuluh tusuk loh. Padahal gede juga potongannya. Lalu, kangen juga sama shabu2nya taiwan. Ma la huo guo. Wuidiiiihhhh itu paling mantab kalau makannya rame2. Bisa lupa diri, gagal diet dehhh pokoknya. Bumbunya beda banget dengan hanamasa, ini jauh lebih pedasss, dan kental kuahnya. Aduh makkk, saya nih sambil nulis sambil nelen air liur tau ga...omaigooot

Nah, di sana, ada minuman favorit saya juga yang pasti ga akan pernah saya lupa minum setiap hari kalau saya lagi di sana. Yaitu, mi jiang. Biasanya, dijual bersamaan dengan susu kedelai dan bapao. Kebiasaan orang taiwan adalah makan paginya itu pasti ga pernah telewatkan. Acara makan pagi adalah yang paling menyenangkan. Biasanya kita suka janjian sama kawan ke tempat makan pagi. Disana, kalau pagi jam enam sampai jam delapan, sepanjang jalan adalah tempat makan khusus sarapan. Bisa berupa tenda, warung ataupun resto kecil. Dan merka menunya tidak jauh dari macam2 bapao, siomay, cakwe, susu kedelai, susu beras kesukaan saya yang disbut mi jiang tadi, lalu ada berbagai macam bubur. Wah pokoknya kalau sudah urusan makan pagi, ga pernah saya lewatkan. Daripada makan pagi di hotel, saya lebih memilih makan di pinggir jalan. Mi jiang atau susu beras itu warnanya agak coklat, enak banget raanya. Kalau susu kedelai, di hongkong, singapore, jakarta, cina, semuanya ada susu kedelai, tapi kalai susu beras, kayaknya cuma adanya di taiwan doang lho. Saya kalau ke seven eleven juga selalu belinya susu beras. Sumpeeee deh...enak banget rasanya.

Ada lagi nih cemilan yang saya suka...juhi...tau ga? Itu yang namanya juhi di taiwan, owalahhhh, kalau kita mau nonton bioskop kan biasnya makan popcorn, kalau disana, saya belinya juhi. Juhi adalah daging cumi2 atau gurita gitulah. Belinya perlembar. Satu lembarnya panjangnya bisa satu meter lho. Trus sama tukangnya dipanggang, kasih bumbu, kalau saya suka pedas, setlah dipanggang sama dia dipotong2 dan dimasukkan dalam kantong kertas. Wuuahhh..sepanjang nonton film bioskop, puassss banget makannya juhi, minumnya dong gua cha.

Nih, kalau tengah malam lapar, saya ga pernah bingung, karena, disana itu ada restoran kecil yang bukanya memang khusus tengah malam bagi orang2  yang kelaparan baru pulang ngantor. Biasanya, resto itu baru akan tutup jam tiga pagi. Menunya banyak. Biasanya bukan makanan berat. Merka menyajikan pangsit kuah mie daging sapi taiwan atau lebih dikenal dengan sebutan niu rou mian. Lalu, kalau malas ke resto, kita ke seven eleven aja,disana tiap jarak 30 meter pasti ada mini market. Dan kita bisa makan disitu. Pilihan makannanya ada telur rebus seperti pindang, tusukan sate baso ikan, tahu, siomay, ceker ayam, juga bisa seduh mie mangkok. Bicara soal mie mangkok, taiwan juaranya deh. Mantaaaaaabbbbbbbbb

Kalau ngomongin makanan taiwan sih ga ada habisnya deh....masih banyak banget cemilan sana yang bisa bikin saya kangen banget sama taiwan. Saya juga percaya, teman2 yang ga doyan makan, kalau ke taiwan bareng saya, pasti bisa berubah drastis, jadi ikut doyan makan kayak saya deh....contoh konkritnya adalah...suami saya.. Wakakakakakk..dia jadi gemuk itu akibat menikah dengan wanita yang doyan kuliner:)

Published with Blogger-droid v2.0.4
Read more »

Minggu, 13 Mei 2012

Obat mata murni herbal akhirnya mengurangi gangguan mataku


Sudah bukan rahasia lagi bagi keluarga saya dan kawan2 dekat saya bahwa saya ini adalah kutu buku sejak dulu. Sejak SD, saya memang sudah minus dan pakai kaca mata. Hobi saya baca buku sudah benar2 menjadi makanan saya tiap hari deh. Ditambah lagi, sekarang saya ini kerjanya bisa berjam2 di depan komputer. Minus mata saya cepat sekali nambahnya. Dalam kurun waktu tiga bulan, yang tadinya cuma minus 0,5 ehhh langsung naik jadi 2,5 plus silinder 0,5..wah wah...makin nambah aja deh koleksi kaca mata saya. Emang sih, pakai kaca mata bagi saya adalag GAYA. Dan saya hobi sekali beli asesoris ini. Tapi sekarang, kalau lepas kaca mata, benar2 saya ga bisa melihat sekeliling. Hanya bisa melihat benda jarak dekat saja. Paling kesel kalau bangun tidur, ribet banget harus meraba2 mencari kaca mata. Lalu, bandelnya saya, tetap ga kapok, selalu aja bisa lebih dan enam jam dalam sehari di depan komputer. Tapi, akhir ini saya udah merasa sangat teganggu banget deh dengan mata saya ini. Sudah mulai sering berkedip, dan yang paling bikin senewen, kalau saya harus manggung. Kalau pakai kacamata kan ga bagus banget di panggung, maka sebagai gantinya, saya pakai kontak lens. Tapi belakangan ini, mata saya jadi makin sensitif, sering merah kalau kena sedikit angin dan debu. Aduh, merusak penampilan banget. Kelihatannya jadi seperti kurang tidur, bahkan nyaris seperti orang mabok katanya. Ihhh malu banget deh pokoknya. Sering memakai obat mata pasaran malah membuat ketergantungan. Ga baik buat kesehatan mata. Saya jadi takut banget deh. Bingung. Sempat ke dokter, tapi sembuhnya hanya sebentaran aja. Mata saya jadi ga bagus banget, kusam, urat matanya kelihatan merah. Apalagi kalau bangun tidur, merah banget. Kesel deh.

Alhamdulillah, saya bertemu sepupu saya, saat lagi jalan keluar kota bareng dia, tau2 dia keluarkan obat mata merk OTEM dari tanya. Dia teteskan ke matanya. Lalu saya lihat, matanya keluar kotoran2 gitu. Saya tanya, itu buat apa. Dia bilang itu adalah obat mata herbal untuk terapi. Pakai itu serasa seperti gurah mata. Dia bilang, minusnya dia dalam waktu sebulan berkurang, matanya lebih terang, dan itu dia buktikan dengan ke dokter mata untuk periksa minusnya. Wah, saya tertarik banget dengarnya. Dia bilang, OTEM terbuat dari madu murni. Lalu saya disuruh julurkan telapak tangan saya, dan dia teteskan obat itu di tangan saya, saya disuruh jilat. Eh iya lho...rasanya manis, kental, benar2 madu murni, aromanya enak banget. Katanya, pakai OTEM memang perih di mata, tapi hanya kira2 10 detik sajalah perihnya, selanjutnya, mata langsung keluar semua kotorannya seketika itu juga. Dan setelah itu kita akan mera segar dan terang pandangannya. Dipakainya setiap malam sebekum tidur. Lalu untuk pagi harinya, disarankan pakai THM. Obat mata juga. Pasangannya OTEM. Kalau THM, bisa dipakai untuk anak kecil. Selain sebagai obat mata, juga bisa sebagai obat sariawan, untuk telinga, dan untuk hidung tersumbat. Bahannya alami asli herbal. Dan kedua obat mata ini benar2 racikan warisan para nabi. Ramuan yang memang sudah ada di dalam al-qur'an. Halal digunakan. Harganya sepasang hanya 50rb saja.

Wah, saya rasanya pengen cepat2 beli aja tuh obat mata. Tapi sebelum beli, saya browsing hari itu juga, cari tau kebenaran obat mata tersebut. Dan hasilnya, tenyata di internet semua menyebutkan bahwa obat mata ini memang mujarab untuk terapi mata bermasalah. Mata yang terlukapun bisa diobati pakai obat ini.

Langsung deh, ga tunggu lama lagi, saya langsung menuju toko herbal yang ada di daerah kalibata jakarta selatan ga jauh dari rumah. Akhirnya, dengan mudah saya mendapatkannya. Harganya persis seperti yang disebutkan sepupu saya itu. Hanya 25rb perbotolnya. Langsung aja saya beli OTEM dan THM sekaligus. Sampai hari ini, saya baru memakai semingguan, tapi hasilnya alhamdulillah ya Allah. Benar2 manjur. Mata saya sudah tidak ketergantungan dengan tetes mata insto lagi. Tidak mudah merah karena debu dan angin, dan sudah bebas dari berkedip2 karena rasa tidak nyaman. Dan yang menyenangkannya, pagi hari, mata saya segar, tidak merah seperti dulu2. Lalu, kalau memakai kontak lens, mata saya bisa bertahan kelembabannya. Pokoknya, ga melebih2kan deh, benar2 saya berterima kasih banget dengan sepupu saya yang memberitahukan info ini ke saya. Tertolong banget.Midah2an aja, minus saya bisa berkurang seperti pemakai lain yang katanya minus dan plus nya telah berkurang.

Tapi bagi kalian yang ingin memakai OTEM, jangan takut perih saat memakainya. Awalnya, saya juga takuttt buanget. Takut ga kuat sama perihnya. Bimbang banget mau pakai. Tapi, karena ingin sembuh, saya baca bismillah, lalu saya teteskan satu mata dulu untuk mencoba. Waaaah....bener2...perrriiihhh..tapiiii...perihnya beda! Bukan perih seperti kena cabe atau remason..hehe..ini beda perihnya. Malah kalau saya bilang, perihnya terasa nyaman di mata.  kok nyaman? Hehe..ya iya...bayangkan aja ibaratnya kita kakinya kena pegel, encok luar biasa nih...nah trus dipijat kera banget, sakittttt, tapi sakitnya enak. Gitu lohh...jadi ga usah takut...nah kalu THM, ga perih kok. Biasa aja, cuma mata terasa sedikit sepet aja saat pakai, tapi ga perih. Nah, jadi kalau malam jelang tidur, pakai OTEM,pagi harinya, pakai THM. Sehari cukup satu kali pakai aja masing2 obat mata.

Khusus untuk pengobatan, pakainya tiap hari yah. Kalau kondisi sudah membaik, OTEM bisa dipakai seminggu sekali saja cukup, THM dipakai saat mata terasa lelah saja.

Minat pakai? Cari saja di toko obat herbal muslim, pasti ada. Harganya ya seperti yang saya sebutkan tadi hanya 25 ribu perbotol. Kalau sepasang jadi 50rb.

Atau jika sulit dapatkannya, silahkan aja titip beli di 02151467633:)

Semoga infonya bemanfaat yah...

Published with Blogger-droid v2.0.4
Read more »

Sabtu, 12 Mei 2012

Jadwal bulan pertengahan tahun saya padat^^

Ga terasa...tahun lalu saya bersama rombongan misi kebudayaan Jakarta (DKI) hingga kini sudah 10 bulan lalu. Sekarang, alhamdulillah, saya terpilih lagi untuk berangkat keliling 3 kota lagi di RRC bulan juni nanti. Kalau tahun 2011 kemarin kita keliling ke kota Guang Zhou, Chong Qing dan Beijing. Maka tahun ini kita akan ke Shanghai, Cheng du dan Shen Zhen,,, wahhh...Saya belum pernah tuh ke Cheng du. Excited banget pas dengarnya. Yang lebih membuat saya bersemangat, juga karena undangan ini berasal langsung dari RRC. Jadi artinya, merekalah yang memilih saya untuk mewakili Jakarta_Indonesia memperkenalkan seni budaya Jakarta. Waktunya nyaris berdempetan dengan pemilihan Ca-Wagub DKI Jakarta yah. hehe...
Chatting dengan kawan yang ada di Beijing, katanya suhu udara saat ini panas. Bisa sampai 30 derajat katanya, tapi kalau malam sejuk. Nah, berarti, harus siap2 dengan kostum jalan2 yang pas nih. Jangan sampai saltum. ya ga?
Sebelum berangkat ke sanapun saya sudah ancer2 nih, kira2 apa ya yang harus saya tampilkan disana. Kan tahun lalu sudah tampil tuh, kali ini, supaya mereka tidak bosan, trentunya saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya donk. Harus itu! nah, rencananya sih, kalau tahun lalu saya hanya nyanyi dan berdialog memperkenalkan seni budaya Betawi, untuk kali ini, saya ingin berbeda ...saya ingin tampil bak seorang penari Betawi dan sambil bernyanyi. Intinya, saya harus mulai belajar tarian Betawi yang lincah itu. hehee...kira2 susah ga ya? tapi saya yakin, dengan demikian, penonton pasti lebih tertarik untuk memberikan sambutan paling hangat bagi tim DKI kali ini. Lalu, kira2 lagu apa saja donk yang akan saya bawakan?Nah ini dia nih...saat ini, saya sedang getol banget bikin musik baru untuk lagu Betawi nya. Dan tentunya, tetap akan saya nyanyikan dalam bahasa mandarin, supaya mereka yang disana mengerti makna lagu yang kita bawakan. Asik kann..
Gak sabar banget pengen cepat berangkat^^
Tapi, ya itu...semua kostum harus saya buat baru. Selain saya titipkan ke tukang jahit langganan saya, saya juga minta tolong ibu saya untuk membantu menjahitkannya.Kebetulan, ibu saya memang pandai sekali menjahit baju. Dan beliau paling semangat kalau menjahitkan baju untuk anaknya tampil nyanyi. hihi...baginya, itu suatu hiburan juga di hari tua.
Dan, baju jahitan mamaku itu sudah pernah saya pakai juga saat tampil di depan Presiden SBY lho..rasanya seperti "direstui" dan "didoakan" ibu saya waktu saya memakai pakaian jahitannya. 
Sejak dulu, memang saya paling senang kalau baju saya dijahit oleh tangan ibu saya sendiri. Tapi sekarang, namanya juga sudah berumur, ga bisa lagi deh terlalu lelah untuk menjahit. tapi untuk berangkat roadshow ke China tahun ini, saya sudah pesan jauh hari supaya beliau meluangkan waktu untuk menjahitkan baju saya^^
Rencananya, berangkat ke China, seperti biasanya, saya akan didampingi oleh suami, dan dua orang penari sekaligus asisten pribadi saya. Tapi kali ini, dua penari yang saya bawa bukan Selky dan Denden. sebab memang peraturannya memang seperti itu, bahwa kita tidak boleh membawa penari yang sama seperti tahun lalu. Jadi, rencananya saya akan membawa penari lain. Walaupun sebenarnya saya lebih senang ditemani oleh penari sekaligus sahabat saya, Selky. tapi ya gimana donk...harus beda sih orangnya...
 
Bisa dibilang, bulan mei ini saya cukup padat jadwalnya, selain tanggal 15 nanti harus bersiap diri menyambut kedatangan Presiden Korea Utara di istana negara, tanggal 16 saya harus berangkat ke Pontianak untuk tampil bersama artis legendaris, Panpers dan Obbie Mesak. Wow...seru yah...
Sudah banyak sekali kawan2 di Pontianak yang menunggu kehadiran kita tampil disana..Rencananya, acara akan diadakan di Ball Room Hotel Aston.
Mudah2an penampilan kita nanti bisa membawa kesan tersendiri disana. 

Read more »

Jumat, 11 Mei 2012

Loving White


Read more »

Antar anak-anakku bersekolah


Read more »

Kue Lapis





Gak pernah mahal membeli baju harian..apalagi bela2in mahal tapi ga nyaman dipakai.."kue lapis" ini saya beli satu stel bersamaan hanya dengan harga 159rb saja saat kemarin ke surabaya dan jalan2 di Tunjungan Plaza:) Suka banget sama warnanya. Dan kebetulan, tas rajut merk Benetton pemberian suamiku ini sangat serasi dengan coraknya yang berlapis dan full colour:) Paduan jilbab berbahan adem ini dengan kombinasi warna pink kelihatan rada luntur membuat pakaian yang saya kenakan untuk mengantar anak sekolah dan berkegiatan pengajian ini semakin menarik mata siapa saja yang melihat saya. Liat aja, celana kombinasi sarungnya yang unik. Luthuuuunaaaa
Read more »

if I Can Dream - Elvis Presley

If I can dream


there must be lights burning brighter somewheregot to be birds flying higher in a sky more blueif i can dream of a better landwhere all my brothers walk hand in handtell me why, oh why, oh why can't my dream come truethere must be peace and understanding sometimestrong winds of promise that will blow awaythe doubt and fearif i can dream of a warmer sunwhere hope keeps shining on everyonetell me why, oh why, oh why won't that sun appearwe're lost in a cloudwith too much rainwe're trapped in a worldthat's troubled with painbut as long as a manhas the strength to dreamhe can redeem his soul and flydeep in my heart there's a trembling questionstill i am sure that the answer, answer's gonna come somehowout there in the dark, there's a beckoning candleand while i can think, while i can talkwhile i can stand, while i can walkwhile i can dream, please let my dreamcome true, right nowlet it come true right nowoh yeah

Published with Blogger-droid v2.0.4
Read more »

Sabtu, 05 Mei 2012

wo ai ni-Rani



qing qing yong yi sheng ai ni lai wan zhu ni de xin
er bian wei wei de ting jian ni di sheng hui da wo de qin
xiang yao gao su ni yi wang de guan huai he si nian
shi guang bu duan liu qu rang wo hui xiang wang ri di xiang lian
fa xian ni di ai yi tian bi yi tian yao yan
mei li de rang wo bu xiang zai you bie lian
chong wen wang ri jiu meng shi fou neng chong yan
gan xie ni ai wo bu yan

wo ai ni
rang wo yong zui wen rou de yi ju hua
wo ai ni 
ca qu ni de lian bu zai liu hen ji
wo ai ni
wo yao rang quan shi jie dou ting jian zhe yi ju hua
da sheng di
yong gan di
wo ai ni....
Read more »

Review Produk