Jumat, 30 September 2011

Kursus Kilat Tarian Betawi



video


Ehhmmm....
Kayanya, sepulang dari RRC, saya harus banyak belajar menari untuk melenturkan badan nih.
Pada dasarnya, saya suka sekali menari, cuma, karena memang tidak terlatih, jadinya ya kaku. Padahal, sejak kecil, saya sudah belajar balet dan tarian tradisional lho. Cuma ya itu, kalau pisau tidak diasah ya pasti tumpul.

Selama di tampil di Cina, saya banyak memperhatikan mereka para penari kita yang lentur banget gerakan tubuhnya. Gemesss banget rasanya. Pengen banget cepat bisa menari seperti mereka. 
Dan saya tidak sungkan2 untuk meminta petunjuk pada mas Nyoman yang merupakan guru tari para penari yang hadir. 

Dan nyatanya, tarian kita itu memang benar2 jauh lebih unik lho dibanding tarian Cina. Berbedanya, kalau tarian Cina serba mewah dan ramai pakaiannya. Tapi kalau Indonesia, banyak sekali gerakan2 yang sulit diikuti oleh mereka penari Cina. Selama kami tampil, ada beberapa kali kami berjumpa dengan penari asli Cina. Mereka berdecak kagum menyaksikan tarian Betawi. Wah...apalagi kalau mereka melihat tari Saman, tari Bali, dsbnya ya????
Mereka minta diajari bagaimana cara melentikkan jari2nya saat menari. hihi...seru deh...

Mas Nyoman orangnya sangat teliti terhadap penampilan. Beberapa kali, dia "menangkap" ketidakrapihan busana saya, dan dia berinisiatif membantu saya membetulkannya. 
Jangan heran kalau anda belajar menari sama dia, kalau matanya dia melihat anda dari atas sampai bawah, detail, itulah kebiasaan dia, sangat teliti memperhatikan gerakan yang anda lakukan saat menari.
Orangnya juga sangat perhatian. Ringan tangan. Kapan saja dia mau membantu kesulitan kita dalam urusan berbusana. Wah, kalau tidak ada dia yang ikut membantu para penari, bisa2 ga rapih deh busananya.Saat saya di beijing, saya agak kelelahan karena kelamaan duduk, sehingga pundak menjadi tegang. Mas Nyoman ngerokin saya sampai ungu. hahaa...habis itu, saya pulas tertidur di ruang tunggu. Bangunnya, bugar lagi deh^^
Pijatan mas Nyoman juga the best banget...wahahahahh...jadi pengen dipijat lagi nih mas....uenaaaak tenan...

Nah, video di atas adalah saat saya diajari beberapa jurus tarian Betawi yang simple dan sering dipakai. Akhirnya, gerakan2 yang diajarkan oleh mas Nyoman menjadi gerakan andalan saya di setiap kali penampilan:)

Makasih ya mas Nyo...
Read more »

Saat Santai Di Sela Berlangsungnya Show



video

Nah, begini nih suasana saat rehat. Iseng2an. Ga ada waktu nganggur untuk iseng. Ruang tunggu pengisi acara terbagi dua. Yang ini adalah ruang tunggu khusus Rani. Kita membuatnya senyaman mungkin. Saya lebih suka duduk di lantai lebih santai daripada duduk di kursi yang sudah disiapkan di dalam ruang tunggu. Anggap saja sedang piknik.Enaknya kalau tampil beramai2, suasananya tidak membosankan. Apalagi 2 penari saya yang super latah ini. Rasanya hari akan lewat cepat begitu saja kalau sudah haha hihi. Liat aja nih kelakuan kita kalau sedang santai sambil menunggu acara berikutnya dimulai.
Saya paling tidak mau membuat panitia susah. Sebisa mungkin saya membuat orang yang telah membawa kami tampil dapat tenang dan tidak khawatir akan keadaan saya. Bisa dibilang, saya adalah orang yang sangat easy going. 

Merakyat aja yang paling enaklah:)

Di video ini, ceritanya kami bertiga baru saja belanja beli kaca mata. Tuh liat aja kenarsisan kita. Kaca mata yang kami beli ini diperoleh di REN MING ZHONG LU di guang zhou. Di gedung tersebut, isinya semua kaca mata. Dan merupakan grosiran. Kita bisa mendapatkan segala macam kaca mata dengan model yang sedang trend dan merk yang terkenal. Tentunya selain Branded asli, juga ada tembakannya. Nah, kaca mata yang keren2 yag kami pakai ini harganya tidak lebih dari 100RMB (140ribu rupiah) padahal kalau kita beli di Indonesia, mana dapat dengan harga segitu murahnya. Karena saya langsung mendatangi pusat grosirnya, dan saya bisa menawar dengan bahasa mandarin yang fasih, yang seharusnya harganya adalah sekitar 500RMB (sekitar 700ribuan rupiah) ehhh...malah dapat murah banget. Kwalitasnya juga bagus dan kokoh. Style nya???Jangan ditanya! Liat aja...keren kan????

Read more »

Gaya Belanja Turis



video


Nah...begitu tuh suasananya saat kita istirahat di lokasi acara. Ini lagi di Beijing Road kota Guang Zhou yang dikenal sebagai alun2nya. Wahhhhh segala macem ada pokoknya. Kita kalau belanja disana, harus nekad gila2an nawarnya. Pakai gaya turis sombong. hahaha...nawar serendahnya, tapi kalau ga dikasih, pura2 ngambeg dan pasti penjualnya akan nyerah...hihihihi....
Ingat yah! Harus berani menawar sampai 70% lebih murah dari harga yang diberikan oleh penjual:)
Lalu, yang paling ampuhnya lagi, kalau belanja jangan sendirian...contoh tuh seperti video di atas. Sekali belanja udah kayak mau tawuran. Dijamin penjualnya nyeraaaaahhhhhhhhh. 
Kartu Mati deeeeh
Read more »

Lirik Jangan Kau Pergi (versi Mandarin)



Jangan kau pergi/qing ni bu yao zou
diterjemahkan oleh Rani Pancarani

Free Download, silahkan klik: Jangan Kau Pergi

请你不要走, 请你不要走
请你不要离我远走
在马路街头, 雨下个不停
你怎忍心就这样走
旧时地欢乐, 已却上心头
时光像流水不回头
在无意之中。 泪水不停留
流得我哭到睡梦中

在我一生中, 
你是唯一地爱情
你却让我地心
流血一直到天明

我多想逃避, 走出这人生
如今只留下我自己
美丽地戒指, 有你地回忆
怎能放弃不再恋你



qing ni bu yao zou, qing ni bu yao zou
qing ni bu yao li wo yuan zou
zai ma lu jie tou, yu xia ge bu ting
ni zen ren xin jiu zhe yang zou
jiu shi di huan le, yi que shang xin tou
shi guang xiang liu shui bu hui tou
zai wu yi zhi zhong, lei shui bu ting liu
liu de wo ku dao shui meng zhong

zai wo yi sheng zhong
ni shi wei yi di ai qing
ni que rang wo di xin
liu xue yi zhi dao tian ming

wo duo xiang tao bi, zou chu zhe ren sheng
ru jin zhi liu xia wo zi ji
mei li di jie zhi, you ni di hui yi
zen neng fang qi bu zai lian ni
Read more »

Asyik Geboy Goyang Negeri Tirai Bambu...Tareeek..




Kebayang ga sih seperti apa kalau lagu dangdut dinyanyikan dalam bahasa mandarin???
Itu Obsesi saya 4 tahun lalu. Saat saya dengar kabar bahwa negara Jepang menyukai dangdut Indonesia. Saya berpikir, Jepang itu serumpun dengan Chinese, pasti orang Tionghoa juga bisa menyukai lagu Dangdut.
Saya mencoba untuk mempraktekkannya dengan menterjemahkan beberapa buah  lagu dangdut original Indonesia ke dalam bahasa mandarin. Sengaja saya tidak membuat lagu dangdut baru, karena saya berpikir, lebih baik membawakan lagu dangdut yang sudah dikenal oleh masyarakat. Lebih familiar tentunya.

Akhirnya pilihan saya jatuh pada lagu yang dinyanyikan oleh rekan saya, Cici Paramida. Saat itu semaeraknya KDI di TPI memberikan inspirasi untuk saya. Ternyata ada sebuah lagu yang enak banget didengar dan sangat sering dibawakan dalam acara lomba nyanyi lagu dangdut tersebut. Yaitu: Jangan Tunggu Lama2. Wahhh..mantab juga lagunya. Ceria, asik banget untuk didengar. Akhirnya saya meminta kepada menejemen saya untuk mencari tahu penciptanya dan membayar kewajiban kita atas hak ciptanya. Setelah semua selesai, saya masuk dapur rekaman untuk merekam lagu tersebut. Tidak sulit bagi saya untuk menterjemahkannya. Dengan kalimat dan kata yang sama seperti arti aslinya dalam bahasa Indonesia. 

Hanya butuh waktu setengah jam saja saya berhasil menterjemahkannya dengan baik. Lagu ke 2, pilihan jatuh pada labunya mba Camelia Malik, yaitu : Rindu Berat. Itupun kami sudah membayar kewajiban atas hak ciptanya. Saya memang sangat menyukai lagu Rindu Berat tersebut. Dan musiknya juga kami buat dengan sangat atraktif sekali. 

Lalu menyusul lagu ke tiga adalah yang dipopulerkan oleh umi Elvie Sukaesih yaitu: Jangan Kau Pergi. Nah, untuk lagu yang satu ini, kami sedikit kesulitan menemukan penciptanya. Ternyata yang membuat lagu ini adalah asli orang Jepang!!!! Ya ampuuun...nyaris kami putus asa saat itu, karena sulit sekali untuk mendapatkan penghubungnya. Namun dengan berbagai cara, akhirnya kami mendapatkan jalurnya via ASIRI. Dan kamipun berhasil membayar kewajiban kami. Ke tiga lagu tersebut menjadi bahan pertama saya untuk mempopulerkan lagu dangdut mandarin. Dan ternyata, mendapatkan sambutan baik lho. Apalagi sering diputar di Radio Cakrawala Mandarin Station 98.30fm. Semakin populer dan disukai. Terutama lagu "Jangan Tunggu Lama-lama" dengan judul mandarinnya adalah Bu Yao Rang Wo Deng Tai Jiu.

Dan di misi ke RRC kali ini, tidak lupa saya sertakan lagu dangdut yang menjadi ciri khas Indonesia. Dan lagu dangdut tersebut selalu menjadi penutup acara yang sangat heboh di tiap kota di RRC. Sampai2, semua panitiapun ikutan turun berjoged bersama penonton yang hadir. 

Dari setiap jawaban pertanyaan yang saya ajukan pada mereka yang warga asli RRC, mereka sangat menyukai lagu dangdut yang saya bawakan. Mereka sangat mendukung jika saya memasarkan album saya di sana. hahaha...kata mereka, lagu dangdut Indonesia unik dan hebattttt!!!!!
CD saya sampai habis menjadi rebutan disana. 
Saya memang menyiapkan 100pcs CD souvenir berisikan lagu2 saya untuk saya bagikan secara gratis saat tampil, dengan games joged dll, mereka selalu berlomba2 untuk bisa mendapatkan CD tsb:) 
Senang banget deh...

Jadi, para sahabat, jangan meremehkan kemampuan musisi Indonesia. Dan kita juga harus bangga dengan budaya musik kita. Musik Dangdut, ternyata membawa dampak yang sangat baik dalam menarik perhatian mereka di luar sana. 

Dangdut Is The Music Of My Country:)
Goyaaaaaanggg maaangggg.......



Read more »

Lagu Betawi Versi Mandarin


Apa yang ada di benak anda jika mendengar bahwa lagu Betawi dinyanyikan dalam bahasa Mandarin?
Jangan merasa aneh:)
Karena pada tahun 1990, saya sudah pernah merilis albun mandarin di Shanghai bertajuk Beautiful Indonesia yang diprakarsai oleh PT. Gema Nada Pertiwi. Lagu2 di dalamnya adalah lagu nusantara Indonesia yang saya bawakan dalam bahasa Mandarin. Antara lain lagu: Bengawan Solo, Hela Rotan, Laju-laju, Butet, Sing sing so, Kampung nan jauh di mato, dsb. Dan mendapatkan sambutan sangat baik di RRC. 
Maka kali ini, lagu Betawi versi mandarin pun saya bawakan dan mendapatkan sambutan meriah dari mereka. Itu menandakan sebenarnya seni musik Indonesia sangatlah menarik perhatian jika kita mampu membawakannya dengan gaya khas.
Rencananya, lagu2 yang telah saya bawakan di RRC kali ini, akan saya jadikan album Betawi-Mandarin khusus untuk menyambut tahun 2012 nanti.  Saya pun berharap, nantinya akan bermanfaat bagi siapa saja yang ingin memperkenalkan bangsa ini di negeri Cina melalui lagu2 yang saya gubah ini. Dan liriknya? Tenang saja, liriknya saya buat semudah mungkin untuk menghafalkannya. Saya sangat paham bahwa tidak mudah menghafalkan lagu bahasa mandarin abgi orang awam. Namun tetap saya menterjemahkan sesuai dengan keaslian lagunya. 
Dengan senang hati, saya akan berbagi lirik lagu Betawi-Mandarin yang saya buat:)


Read more »

Mencintai Budaya Indonesia




Misi kali ini adalah mempromosikan kebudayaan Jakarta. 
Hehee...sebanarnya, bukan semata2 ingin menarik masyarakat Cina untuk berlibur ke Jakarta. Namun, yang paling utama adalah memperkenalkan nama Jakarta kepada mereka. Selama ini, mereka hanya tau Pulau Bali saja. Masih asing bagi mereka dengan nama kota Jakarta ini.

Rombongan DKI Jakarta yang berangkat ada 40 orang. Saya berpikir, jika kita hanyak mempromosikan kota Jakarta dengan menggunakan bahasa Inggris, wahhh...pasti ga nyambung nih nanti. Sebab, masih jarang sekali orang RRC yang mampu mengerti bahasa Inggris. Yang paling tepat adalah menggunakan bahasa mandarin donk:)

Nah, itulah gunanya Rani..hihih...biar kecil gini orangnya, manfaatnya besar lho:)

Saya berusaha selalu menggunakan bahasa mandarin agar mereka semua mengerti maksud dan tujuan kita disana. Dari sekian banyak yang tampil di acara2 promo tersebut, saya sendirilah yang menggunakan bahasa mandarin, selain itu ada MC lokal yang memimpin jalannya acara di panggung. 
Banyak juga sih terjadi missed komunikasi saat panitia menyampaikan maksud dan tujuannya kepada EO setempat dengan menggunakan bahasa inggris. Tapi semua itu bisa diatasi. Sebisa mungkin saya menterjemahkannya ke dalam bahasa mandarin. Dan semua berjalan dengan baik dan menyenangkan. 

Untuk urusan penampilan, saya tetap mengandalkan gaya busana khas Indonesia donk. Temanya kan Betawi, ya kudu pakai baju bernuansa betawi donk. Namun, bahasanya tetap mandarin. hahhaa...lucu kan???kulit tidak putih, mata tidak sipit, bajunya gaya Betawi, tapi ngomongnya bahasa Cina:) Dan justru itu yang membuat penonton bersimpatik. Mereka menjadi dekat dengan kita. Saya mengatakan bahwa di Jakarta-Indonesia juga banyak suku mereka yang lama tinggal di negara ini, sehingga mereka tidak perlu khawatir jika mereka ke Indoneisa tidak bisa bahasa Indonesia.

Soal lagu2 yang saya bawakan, wahhh...itu tuh yang unik...heheh...sy dengan cekatan menggubah lagu betawi dalam bahasa mandarin sehari sebelum saya berangkat ke Cina.

Lagu2 yang saya siapkan:
1. Ondel ondel
2. Sirih Kuning
3. Kicir kicir
4. Ujan gerimis aje
5. Nonton Bioskop
6. Sang Bangau
7. Tian Mi Mi gaya betawi

Semuanya saya bawakan dalam bahasa mandarin. Dan mereka semua suka, karena mengerti maksud arti dari lagu2 tersebut.



Yang heboh lagi, mereka ikut berjoged saat saya menyanyikan lagu dangdut dalam bahasa mandarin. (lihat di halaman berikutnya yah)
Usaha saya berhasil dalam memperkenalkan budaya Jakarta-Indonesia. Lagu dangdut rupanya bisa diterima oleh mereka asalkan kita pas membawakannya dengan gaya yang mereka suka. Tentunya dalam bahasa mandarin. Sampai2 CD sovenir berisi lagu2 saya ludes menjadi rebutan disana. Saya ga jualan, tapi membagikan secara gratis untuk menyemarakkan acara dengan kuis2 dan permainan di sela2 saya nyanyi.

Ini lagu dangdut yang saya bawakan:
1. Jangan Tunggu lama-lama (cici paramida) versi mandarin "bu yao rang wo deng tai jiu"
2. Rindu Berat (Camelia Malik) versi mandarin "xiang si bing"
3. Jangan Kau Pergi (Elvie Sukaesih) versi mandarin "qing ni bu yao zou"

Anda penasaran ingin melihat videonya lagu2 lainnya? atau ingin mendengarkan lagunya???? 
Silahkan saja lihat di halaman berikutnya yah:)

Ayo teman2, kita lestarikan seni budaya bangsa kita. 
Saat ini, Cina adalah negara yang besar dan kuat. Sangat potensial untuk menjalin kerja sama dengan mereka. Saya bukan politikus, hanya seorang seniman yang kebetulan bisa berbahasa mandarin dan bisa bernyanyi dan berusaha mengharumkan nama Indonesia dengan selalu mengangkat budaya kita dengan versi bahasa mandarinnya:) 
Kalau anda, apa yang bisa anda lakukan untuk tetap mendukung kelestarian budaya kita? Pasti andapun juga memiliki kemampuan yang hebat sebagai anak Indonesia. Dan pasti anda sama seperti saya, ingin nama Indonesia dikenal di seluruh dunia bukan predikat buruknya, namun predikat terbaiknya:)

Read more »

Telekomunikasi Di Cina

Bagi anda yang ada rencana ke Cina dan ingin belanja Handphone. Jangan berharap akan menemukan asesoris Blackberry yang keren2 ya di Cina, bisa dibilang, hanya orang Indonesia yang disana yang menggunakan Blackberry. Karena, percuma saja menggunakan BB. Wong Facebook, Twitter, social networking semua diblocked oleh pemerintah Cina kok.
BBM? wahhh...jangan harap deh. Kecuali mau mengeluarkan biaya mahal membeli simcard nya dan membayar bulanan langganan BB dengan harga jauh lebih mahal dari Indonesia. Pemerintah Cina benar2 menjaga betul kwalitas nasionalisme masyarakatnya. Mereka benar2 dikunci untuk tidak terpengaruh dunia luar. Tidak seperti di Indonesia. Setiap hari ada saja kita menerima Broadcase Massage yang bersifat profokatif bahkan HOAX sehingga mempengaruhi stabilitas keamanan negara itu sendiri. Berita2 yang meresahkan masyarakat setiap saat selalu kita terima. Di Cina, nyaris tidak pernah ada berita yang bisa membuat masyarakatnya bimbang dan takut. Dan, berita entertainpun juga tidak pernah yang buruk, selalu prestasi yang mereka muat di media setiap hari. Jangan harap bisa tau artis siapa saja yang kawin cerai yah, anda tidak akan pernah mendapatkan berita miring artis2 disana...hihihi....

Bicara soal teknologi, di Cina memang beredar Ipad dan Iphone Original. Walaupun mereka memproduksi iphone dan ipad "aspal" buatan dalam negeri, hebatnya, masyarakatnya justru lebih memilih menggunakan barang original. Justru yang membeli barang aspal malah para turisnya, termasuk orang Indonesia lho:) Soalnya bagi orang kita, ya unik aja..biar aspal yang penting gaya:) 

Hati2 ya kalau anda ingin membeli produk canggih keluaran Apple ini. Akan jauh lebih aman jika anda membeli di counter resminya. Jangan coba2 membeli di toko handphone yang bukan khusus Apple. Wahhh...bisa bahaya tuh! Penipuan terjadi dimana2. Pedagang sana nekad2 semua lho. Jangan percaya jika harga iphone atau ipad nya itu sampai miring banget.NO WAY!!!! Sudah 1000% dijamin PALSU! Ingat yah! Karena sudah banyak yang menjadi korbannya. 
Kecuali jika anda pernah menggunakan produk Apple sebelumnya, anda pasti sedikit banyaknya bisa membedakan langsung apakah itu asli atau palsu. Kasihan jika bagi orang yang tidak pernah menggunakannya sebelumnya, ehhh...tergiur dengan harga super murah, malah jadinya tertipu. 

Namun ada juga lho, sudah oke dengan harga Iphone dengan pasaran 4000RMB ( 1 RMB= 1390 rupiah) , dan sudah cek barangnya memang original, namun entah dengan teknik canggih apa, sesampainya di rumah saat anda buka kotaknya, ternyataaaa....PALSU! Ampuuuun dijeeeeeeeee....

Pokoknya, pedagang sana jago main sulap semuanya lah.  (kalau sampai ada pesulap tertipu oleh pedagang Cina, huaaaahhhhh...kacau deh....kudu bertapa lagi tuh di gunung). Makanya sebelum anda belanja disana, belajar sulap dulu aja sama Adri Manan...wakakkaakkk:))

Nah, bicara lagi soal hand phone nih. Disana, mereka banjir dengan iphone! Sehingga, asesoris iphone dan ipad adalah yang paling utama dicari oleh mereka. Bagus2 banget. Keren2. Nyaris semua asesorisnya yang beredar disana benar2 tidak bisa kita dapatkan di tanah air lho. Selain lebih murah, dan kwalitasnya juga bagus banget. Ga kalah dengan yang asli keluaran Apple nya. Dijamin ngiler deh kalau kesana. Rasanya ingin beli asesorisnya aja duluan, iphone atau ipad nya belakangan deh tunggu ada duit.heheheh....

Cuma, yang tidak asiknya tuh...internet disana benar2 tidak bisa banyak gaul deh. Tidak seperti di Indonesia. Ya, ada positifnya juga sih...hehe...
Tapi kalau soal wifi, jangan ditanya. Nyaris di setiap lokasi swalayan besar, mal, perkantoran, restoran, cafe, hotel pasti menyediakan wifi gratis. Asik kan??? hehe...tapi ya itu tadi, jika anda menggunakan sim card Cina, maka anda jangan berharap bisa BBM-an , Chatting FB, update status deh....kecuali anda dari Indonesia sudah mengaktifkan BB Unlimited yang sebulannya 90ribuan itu, nah, sampai di Cina, bisa deh tetap eksis. Kalau saya kali ini sial benar, kelupaan mengaktifkan BB Unlimitednya, sehingga sulit deh untuk berkomunikasi. Sebenarnya, mengaktifkannya saat kita di Cina pun juga bisa. Namun jika sedang sial, pulsa kita bisa tiba2 hilang lho...saya aja sudah ratusan ribu hilang hanya dalam waktu 2 hari saat mencoba mengaktifkan BB Unlimited. Huh! Keselll...Dan tidak hanya saya saja rupanya, teman yang lain juga begitu. Jadi ya lebih baik bermanis2 diri saja tidak usah chatting dulu deh...
Makanya, kalau mau berangkat ke luar negeri, harus persiapkan masalah telekomunikasinya sebelum kita berangkat.

Oya...teman saya yang ikut ke Cina, ada membeli beberapa asesoris Iphone 4G, bagusss banget. Niatnya sih mau dia jual sesampainya di Jakarta. Hanya membantu dia mempromosikan nih. Hanya ada 6 warna. 
Casing Iphone dengan kulit sintetis dan dikelilingi swarovsky. Lalu ada kotak hiasnya. Jika minat, silahkan saja sms dia langsung...ini nomernya:
082150197935
Namanya Yurike...
Soal harga, tanyakan langsung saja ke orangnya...
Ini dia gambar2nya nih....

Pink

Coklat Keunguan

Biru

Pink Muda

Silver

Merah
Gimana? keren2 kan??hehe...saya tidak pakai iphone. Tapi rasanya ingin beli casingnya dulu iphone nya belakangan deh...hahhahaa...dasar cewek...ga bisa liat yang blink2:)

Read more »

Review Produk