Minggu, 12 Juni 2011

Kosaku Yamada- Aka Tonbo (Red Dragonfly)





 Semakin mengenangnya...

Read more »

Red Dragonflies(红蜻蜓)




Film ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin mendapatkan kesan misterius tentang masa kanak2. Maksud saya bukan misterius yang menegangkan. Namun, sebuah misteri di balik perjalanan kita mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kebersamaan antar persaudaraan sangatlah melekat dalam film ini. Judulnya yang diambil dari "Capung Merah" (hong qing ting)membuat saya semakin mengerti, mengapa saya sangat jatuh hati pada capung merah, secara tiba2 dan baru saja...
Ternyata dibalik itu semua, Capung Merah berarti "Lost"...kehilangan akan sesuatu yang sangat berharga...misteri kisah saya terkuat saat adik saya meninggal sebulan lalu. Kiriman foto seorang sahabat saya, telah memberikan arti dan makna yang luar biasa. Saya tidak tau apakah itu secara kebetulan saja atau memang sudah diatur dari sananya.
My Red Dragonfly...thx pen:)


Gambar Capung Merah yang cantik itu telah menyadarkan saya arti kehilangan yang sangat besar dan mendalam.
Saya mencintai adik-adik saya. Saya sangat menyayangi dan peduli kepada mereka. Dan saya sangat bersyukur, karena sejak kecil hingga adik saya meninggal, tak pernah sekalipun kami berkelahi seperti kakak adik yang lain. Kami salalu menjaga dan mendukung segala hal positif masing2. Bahkan, kami juga berani mempertaruhkan keselamatan masing2 demi saling melindungi. Kisah Capung Merah saya akan selalu saya simpan dan saya catat sebagai kenangan hingga saya tua dan mati. Dan saya akan sangat berharap dan berdoa, saya akan bertemu lagi dengan orang2 yang saya cintai di akhirat nanti..Jika Tuhan mengijinkan..

Saya berharap bisa seperti dalam film di atas. Penuh dengan keindahan permasalahan di duniawi namun tetap tidak terlepas dari ikatan bathin dan cinta.
Film ini, baru saya temukan tadi...saya mencari-cari apa sebenarnya arti seekor Capung Merah. Dan, inilah yang saya dapat...Capung Merah...adalah "kehilangan"..
Read more »

Capung Merah...

Capung adalah tanda dari musim di Jepang. Capung merah secara khusus merupakan tanda memasuki musim gugur. Ada puisi Jepang dengan gaya haiku tentang tema ini.

Haiku adalah bentuk puisi unrhymed Jepang dalam tiga baris saja. The 3 baris memiliki lima, tujuh, dan lima suku kata masing-masing.

Berikut adalah beberapa  puisi
haiku  tentang capung merah dan musim gugur. Terjemahan asli dari A Miscellany Jepang oleh Lafcadio Hearn (1901). Saya menulis ulang  dalam bahasa Inggris agar sesuai dengan bentuk haiku...
1. Aki no ki no – The Start of Autumn

Aki no ki no
Aka tombo ni
Sadamarinu.


The start of Autumn
Is always decided by
The red dragonfly.

[ Terjemahan aslinya:. Bahwa musim gugur telah mulai ditentukan oleh bermunculannya naga merah terbang]

# Kaya Shirao (1738 – 1791)#


2. Onoga mi ni – O The Dragonfly

Onoga mi ni
Aki wo somenuku
Tombo kana!


O the dragonfly,
He has dyed himself with the
Color of Autumn.

or a little more liberally written…

O the dragonfly!
He has dressed himself in the
Color of Autumn.
[Terjemahan aslinya: O Capung merah! Dia telah celupkan tubuhnya sendiri dengan warna musim gugur!]

Berikut yang serupa:


3. Aki no hi no – The Color of Autumn

Aki no hi no
Someta iro nari
Aka-tombo!


Dyed he is with the
Color of Autumnal days,
O red dragonfly.


[Terjemahan aslinya: Dicelupkanlah  dia dengan
warna hari-hari di musim gugur
O naga terbang merah]

 # Bakusui (1718 – 83)#


4. Kurenai no – Crimson Gossamer

Kurenai no
Kagero hashiru,
Tombo kana!


Like the fleeting of
Crimson red gossamer-threads,
Flash the dragonflies.
[Terjemahan aslinya: Seperti sekilas
merah tipis-benang,
yang berkedip dari naga merah.]


Saya tidak pandai bahasa Jepang. Hanya saat masih duduk di bangku SMP , saya sempat belajar bahasa Jepang hanya sesaat. Beruntungnya, huruf Kanji Jepang sama saja artinya seperti Han Zi Mandarin. Jadi tidak terlalu sulit bagi saya untuk sekedar mengerti ....Tapi ...jangan suruh saya bicara bahasa Jepang, pastinya saya lebih mahir berbahasa Betawi^^ 

My beautiful memory..


Read more »

Review Produk