Sabtu, 26 November 2011

Tujuan membuat lomba nyanyi mandarin Imlek Betawi

Banyak yang bertanya, maksudnya apa sih nyanyi mandarin Imlek Betawi???
Nah, saya mau sedikit menjelaskan nih...
Apakah anda sering mendengar kata "nasionalisme"???
Lalu, apakah anda mengerti maknanya?
ini definisi nasionalisme menurut saya:
Dlm bahasa sederhana, Nasionalisme adalah paham yg percaya bahwa perbedaan dlm sebuah negara harus dipersatukan.
Ajang lomba nyanyi kali ini sengaja mengambil tema Betawi.
Namun juka anda mendengarkan acara lomba tersebut setiap hari rabu jam 1 sampai 4 siang itu, anda tidak akan menemukan unsur Betawinya kecuali bahasa Indonesia yang dipakai untuk membawakan acara tersebut. Semua nyanyian adalah lagu mandarin. Ya, memang, lagu mandarin...namun, nanti saat Semi Final dan Final, kita akan menyemarakkannya dengan unsur Betawi.
Mengapa Betawi???karena, kita hidup di Jakarta. Dan Radio inipun jangkauannya se-jakarta. Lalu, budaya Betawi juga merupakan budaya silang antara Jakarta dan China. Asimilasi yang dihasilkan ratusan tahun lamanya ini menghasilkan budaya Betawi yang sangat unik dan indah.
Saya sangat mencintai budaya Indonesia. Indonesia memang negara yang sangat kaya dengan kebudayaan. Niat saya, ingin agar generasi muda kita jangan sampai melupakan kebudayaan aslinya.
Lalu mengapa disangkut pautkan dengan menyanyikan lagu mandarin? kan kita orang Betawi???

Dan sebenarnya, kalau cinta Indonesia itu adalah tidak boleh pakai bahasa asing dan hanya boleh pakai bahasa Indonesia saja, menurut saya itu kecintaan yang sangat dangkal.
Kalau cinta Indonesia ditunjukkan dgn beli produk2 Indonesia saja, itu juga tipis sekali kecintaannya.
Cinta Indonesia adalah ditunjukkan lewat karya. Lewat apa yg kita lakukan untuk Indonesia.

Banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan berbuat sesuatu yang berguna.
Bertahun lamanya saya mencoba memperkenalkan kebudayaan Indonesia di negeri China. Saya ingin mereka tau, seperti apa Indonesia.
Dan kini, saya ingin sahabat di Jakarta juga mulai mengenal, seperti apa itu Betawi.
Saya memang bukan orang Betawi asli. Karena ayah ibu saya sudah campuran antara sunda, jawa dan palembang. Namun, rumah saya sejak kecil adalah Jakarta.
Pada tahun 1990, saya sudah membawakan banyak sekali lagu nusantara yang dinyanyikan dalam bahasa mandarin. Saya rekaman di Shanghai pada waktu itu. Dan bertahun lamanya saya tidak pernah bosan membawakan lagu2 tersebut di setiap kesempatan. Karena, saya ingin berbuat sesuatu untuk Indonesia. Dan kini, saatnya kita berbuat sesuatu yang positif, unik, menyenangkan, penuh dengan kebersamaan...yaitu dengan menyanyikan lagu Betawi yang dimandarinkan. Mengapa harus di-mandarinkan???mengapa tidak memakai bahasa betawinya saja langsung??
Nah...itu dia...kan saya bilang, ingin berbuat sesuatu untuk Indonesia. Tujuan saya adalah, saat peserta keturunan tionghoa nyanyi di panggung dengan memakai baju khas Betawi dan menyanyikan lagu Betawi namun dengan bahasa mandarin, apakah itu tidak menarik perhatian?? Final akan diadakan di Mangga 2 Square...anda tau kan, disana banyak sekali turis dari RRC, Taiwan, Malaysia yang notabenenya adalah orang China asli yang tidak mengerti bahasa Indonesia. Makanya saya ingin memperkenalkan budaya jakarta ini dengan bahasa mandarinnya. Acara nanti terbuka untuk umum. Pastinya akan banyak sekali turis yang bersliweran...Mereka pasti akan turut menikmati acara lomba ini. Sekaligus mereka bisa mendengarkan lagu asli Betawi/Jakarta tanpa harus bertanya2 apa sih arti lagunya????
Saya ingin mereka menyukai kota Jakarta ini. Saya ingin mereka mengenal ondel-ondel, jangan hanya barongsai saja...saya ingin mereka melihat kita memakai baju encim2 betawi dan baju si pitung^^jangan hanya tau baju chongsam saja.  Dan pastinya, saya ingin memberikan sensasi pengalaman baru dan unik bagi peserta lomba. Saya yakin, mereka jarang atau bahkan tidak pernah berpakaianh ala Nyai Dasimah...
Nah, itulah maksudnya mengapa lomba ini dinamakan Imlek Betawi...
Lalu mengapa ada kata "imlek"nya?
Yup! Karena diadakannya pas di bulan Imlek, jatuhnya sesi semi final dan final.
Sederhana saja kok..
Yang penting saya tujuannya ingin mendapatkan bibit2 baru yang dapat menjadi Rani Ke 2..penyanyi yang cinta budaya mandarin namun tidak lupa asal usulnya, yaitu, saya orang Indonesia:)

0 komentar :

Posting Komentar

Review Produk