Sabtu, 26 November 2011

Lomba nyanyi lagu mandarin mempertemukan banyak orang

Banyak yang unik terjadi dalam ajang lomba nyanyi kali ini yang saya adakan bersama Radio Cakrawala 98.30fm. Saya banyak bertemu dengan para peserta yang mengikuti ajang ini. Bagi saya, acara Super Host yang setiap rabu saya bawakan bersama rekan saya, Toni, semakin saja memberikan semangat yang luar biasa. Acara radio yang sudah saya bawakan nyaris 3 tahun lamanya ini berjalan langgeng. Dan perlakuan yang sangat baik oleh keluarga besar Cakrawala membuat saya semakin betah menjalani peran saya sebagai seorang penyiar disana. Dan lomba nyanyi ini merupakan salah satu wujud semangat saya untuk membuat acara radio saya semakin semarak.
Bisa dibilang, ajang lomba ini telah memberikan pengalaman baru bagi radio mandarin pertama ini. Ide saya untuk menghadirkan peserta ke studio dan bernyanyi secara "live" di hari rabu membuat suasana siaran kini menjadi lebih hepi dan heboh^^Semua orang di Cakrawala antusias dan sangat terlihat kekompakan dalam bekerja samanya. Dimulai dari dukungan Cakrawala dengan membangun studio baru. Studio yang kita sebut sebagai studio 2 itu adalah khusus dibangun oleh Cakrawala untuk ajang kali ini.
Saya menginginkan peserta benar2 merasakan pengalaman pertamanya bernyanyi di dalam studio rekaman. Mereka tentunya belum pernah tau seberapa berat menjadi seorang penyanyi rekaman. Jangan dikira saya ini menjadi penyanyi itu mudah. Wah, kalau sudah masuk dalam studio rekaman, itu ceritanya beda deh.
Cakrawala benar2 menyalurkan aspirasi saya untuk membangun studio tersebut^^hebat yah...
Dan dari setiap peserta yang hadir, mereka selalu mengatakan bahwa ini adalah pengalaman pertama mereka bernyanyi dalam studio lho..mereka tidak menyangka bahwa ternyata rekaman itu benar2 membuat grogi..hehe..disitulah anda akan ditest kemampuan vokal anda yang sesungguhnya.
Jika anda memang sering bernyanyi di KTV, di acara keluarga, di panggung hiburan...maka semua itu tidak berarti jika olah vokal anda tidak stabil. Di urusan rekaman, kestabilan vokal anda sangat diperlukan. Dan semua itu tentunya harus melalui pengalaman. Namun, ternyata, di antara sekian banyak peserta yang grogi dan tidak mempu mempertahankan kestabilan vokalnya, ada lho beberapa yang sangat layak untuk dijadikan calon pemenang. Dan rata2 mereka adalah ABG^^
o iya, bicara soal peserta, mereka yang ikut dimulai usia 15 tahun hingga 72 tahun...hahahaha....jangan dikira yang berusia 72 tahun nyanyinya berantakan lho...justru beliau2 itu yang lebih berpengalaman nyanyinya..lihai dehhh
 
Proses lomba adalah sebagai berikut:
Setiap hari senin, selasa, kamis, jummat, audisi akan berlangsung. Karena banyaknya pendaftar yang hingga kini mencapai angka 300org, kami hanya mampu meng-audisi sebanyak 15 orang sehari.
Dimulai dari jam 11 siang hingga jam 5 sore.
Nah, mengapa harus audisi terlebih dahulu???
Karena, kami ingin menampilkan peserta yang layak disiarkan suaranya di radio. Kami berhati2 sekali dalam memilihnya. Maksudnya, agar pendengar tidak "sakit kuping"...hihi..ya iyalah, secara acara lomba ini terdengar sampai ke negeri China lho!!!
Sungguhan. Saya ga bohong. Salah seorang peserta kami adalah asli Zhong Guo Ren. Dia hadir membawakan langunya Jacky Cheung. Dengan bahasa mandarinnya yang benar2 logat RRC, dia mampu menyanyikannya dengan sangat apik. Dan dia bilang, keluarganya di China juga sedang mendengarkan dia nyanyi saat itu melalui Streaming Radio. Wahhh...internet benar2 canggih ya...
Oh iya, jika anda ingin mendengarkan streaming jika di luar kota Jakarta, silahkan saja klik Radio Cakrawala 98.30FM
 
Setiap minggunya, kami akan menyaring 12 orang untuk dimajukan ke babak penyisihan yang akan berlangsung selama 3 bulan. Wah...kok lama ya???ya iyalah, wong acara radio saya ini hanya setiap hari rabu saja kok...
Dan setiap babak penyisihan, kami akan memilih 3 sampai 5 peserta yang layak dimajukan ke semi final yang akan jatuh pada bulan Februari 2012 nanti, bertepatan dengan rangkaian acara Imlek Nasional.
 
Saya bahagia sekali setiap hari rabu. Ga sabaran ingin cepat sampai di Cakrawala, untuk bertemu setiap peserta lomba.
Bagi saya, itu adalah moment kebersamaan yang sangat berarti. Saya jadi bisa menilai, seberapa besarnya antusianisme para pendengar dengan acara lomba ini.
 
Saat tim juri menilai nyanyian mereka di studio 1, terpisah dari studio 2, itu adalah saat yang menarik. Terkadang, kami bingung harus memilih yang mana, karena memang mereka rata2 nyanyinya bagus sekali.
Namun sekali lagi, ajang ini dibuat dengan maksud dapat menghasilkan penyanyi rekaman yang baik. Tentunya, orang yang kami pilih haruslah yang suaranya layak direkam dan bahasa mandarinnya jelas. Walaupun kita ini orang Indonesia, dalam hal rekaman, saya tetap menginginkan si penyanyi dapat membawakan bahasa mandarinnya dengan pengucapan yang jelas , yang benar, yang baik. Justru karena kita ini orang Indonesia, maka tidak ada kalimat "maklum, kan orang Indonesia, ya pasti lafalnya kuranglah.." wow! tidak ada dalam kamus saya lho!!!Tetap kita harus sebagus orang China aslinya. Karena, mana kita tau, ternyata, rekaman suara dan lagu anda itu bisa tembus pasaran di luar Indonesia. Jangan sampai orang luar mengejek logat kita lho...Kita harus mengharapkan acungan jempol dari org asing, bahwa logat kita mampu sebaik mereka. Ya seperti saya lah kalau nyanyi..hehehe...logat saya bagus kan??jelas kan???kalau ga percaya, coba saja dengarkan lagu2 saya, perhatikan lafal saya dengan seksama, anda pasti tidak perlu repot2 mencari tahu teks lirik yang saya nyanyikan, anda pasti bisa langsung mengerti apa sih kalimat2 yang saya nyanyikan itu^^bukannya sombong ini lho..tapi memang kenyatannya demikin..hehehe...
 
Uniknya, lomba ini tidak hanya diikuti oleh mereka yang bisa bahasa mandarin dan keturunan tionghoa . Ternyata , ada juga peserta yang sama sekali tidak bisa bahasa mandarin dan tidak ada darah tinghoanya juga ikut serta. Wah...bahkan terpilih pula menjadi peserta dalam babak Semi Final nanti. Hebat kan!!!
Itulah makanya saya sangat semangat menangani acara ini.
Karena saya mulai merasakan, bangsa Indonesia sedikit demi sedikit mulai terbuka dan mau mempelajari seni budaya mandarin. Mengingat di tanah air kita ini memang saudara2 kita yang keturunan tionghoa itu tersebar dimana2. Dan ajang inipun mempertemukan mereka.
Saya berharap, ajang lomba ini aka menjadi daya tarik yang berkepanjangan dalam acara radio saya. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa kami akan melebarkan sayap untuk membuat ajang yang lebih besar lagi dengan diawali ajang persahabatan ini.
Semoga saja...
 
 
 

1 komentar :

Gissella_dm mengatakan...

Umur 11 thn bole ikut gk?

Poskan Komentar

Review Produk