Minggu, 02 Oktober 2011

Makan Di Resto Muslim

video
 
Pernah ke Cina? 
Kalau membayangkan negeri Cina, biasanya kita akan khawatir dengan sulitnya mendapatkan makanan yang halal disana.
Yang paling aman memang kita bawa bekal dari Indonesia. Misalnya: Pop Mie...ya ka?
Sebenarnya, tidak sulit mendapatkan makanan yang Halal. Tapi dengan satu syarat: Anda harus mampu membaca huruf Mandarin:)
Kalau saya, alhamdulillah karena memang bisa membaca, sehingga saya bisa memilih makanan yang sebaiknya kita makan dan mana yang harus kita hindari. 
Di Cina, terutama kota besarnya, banyak sekali mini market Seven Eleven. Mie mangkuk sejenis pop mie nya malah lebih enak dan mengenyangkan lho ...
Yang paling terkenal adalah Niu Rou Mian (mie daging sapi).
Kalau anda sulit membedakan yang mana daging B dan yang mana daging Sapi, nah, tinggal bilang saja ke pelayan di kasirbahwa anda memerlukan mie mangkuk yang berjenis NIU ROU MIAN, (NIU ROU=Daging Sapi, MIAN=Mie). Pasti akan dengan cepat dia bisa menunjukkannya. Dan jangan khawatir, minyak yang terkandung didalamnya adalah minyak sayur, bukan minyak B. 
Selama di Cina, kami tidak pernah khawatir untuk masalah makanan. Soalnya, kan ada Cece Rani...hehehe....makan apa saja aman deh kalau ada Cece atuhhhh...

Nah, kali ini, kita ceritanya serombongan ditraktir makan oleh kawan kita dari KBRI, mba Yani, yang sudah belasan tahun tinggal disana. Dia seorang Muslim. Dan sudah tau banget resto Muslim yang ada di Beijing letaknya dimana saja. 
Kalau urusan resto Muslim, ya suku Xin Jiang adalah patokannya. Xin Jiang adalah suku minoritas di RRC. Mereka memeluk agama Islam. Kalau kita masuk ke resto nya, pasti akan disambut dengan salam "Asalamualaikum". Nah, pastinya kita wajib menjawabnya dengan sopan donk.
Jangan khawatir. Masakan mereka benar2 100% Halal. Dan jenis makanannya waaahhhh mantab2 lah semuanya.
Saya paling suka menu : cah Kulit cabe hijau (paprika hijau) nya. Enak bangetttttt. Rasanya, cukup satu menu itu saja saya sudah puas lho...
Bertepatan dengan ulang tahun Selky, kami makan di resto Muslim nih. Ramai2 dengan para penari dan pemain Gamelan. Asik banget kalau makan rame2. seruuuuu......
Ujung2 nya, pasti minta "Da Bao" artinya "bungkussssss"....hahaha...karena porsi masakan mereka itu besar banget loh. Jadi hati2 yah kalau pesan makanan di resto Muslim, satu porsinya itu bisa cukup makan berempat. Sedangkan kita saat itu memesan 6 jenis menu dan masing2 2 porsi. Kebayang ga tuh banyaknya??????
Ya jelas saja akhirnya kita teriak "Da Baoooooo".....bungkusssssssss....
 O iya, saya mau ucapkan sekali lagi ke Selky, penari saya, sahabat saya....Selamat Ulang Tahun ya Selky.....Mudah2an ulang tahun di Cina kali ini membawa kenangan tersendiri ya Sel.....Luv You:)





0 komentar :

Poskan Komentar

Review Produk