Jumat, 30 September 2011

Lagu Betawi Versi Mandarin


Apa yang ada di benak anda jika mendengar bahwa lagu Betawi dinyanyikan dalam bahasa Mandarin?
Jangan merasa aneh:)
Karena pada tahun 1990, saya sudah pernah merilis albun mandarin di Shanghai bertajuk Beautiful Indonesia yang diprakarsai oleh PT. Gema Nada Pertiwi. Lagu2 di dalamnya adalah lagu nusantara Indonesia yang saya bawakan dalam bahasa Mandarin. Antara lain lagu: Bengawan Solo, Hela Rotan, Laju-laju, Butet, Sing sing so, Kampung nan jauh di mato, dsb. Dan mendapatkan sambutan sangat baik di RRC. 
Maka kali ini, lagu Betawi versi mandarin pun saya bawakan dan mendapatkan sambutan meriah dari mereka. Itu menandakan sebenarnya seni musik Indonesia sangatlah menarik perhatian jika kita mampu membawakannya dengan gaya khas.
Rencananya, lagu2 yang telah saya bawakan di RRC kali ini, akan saya jadikan album Betawi-Mandarin khusus untuk menyambut tahun 2012 nanti.  Saya pun berharap, nantinya akan bermanfaat bagi siapa saja yang ingin memperkenalkan bangsa ini di negeri Cina melalui lagu2 yang saya gubah ini. Dan liriknya? Tenang saja, liriknya saya buat semudah mungkin untuk menghafalkannya. Saya sangat paham bahwa tidak mudah menghafalkan lagu bahasa mandarin abgi orang awam. Namun tetap saya menterjemahkan sesuai dengan keaslian lagunya. 
Dengan senang hati, saya akan berbagi lirik lagu Betawi-Mandarin yang saya buat:)


2 komentar :

Anonim mengatakan...

Ayoo ce..kapan liriknya?? Mau donk ondel2nya versi mandarin. Ni de ge hen hao ting. :) ada twitter gak ce?

cece rani (Rani Pancarani) mengatakan...

siiip...saya posting posting deh liriknya...

Poskan Komentar

Review Produk