Senin, 20 Juni 2011

Makassar

Kali ini ke Makassar adalah setahun lamanya saya tidak ke kota yang indah ini. Teringat setahun lalu saya hadir tampil di Makassar, juga di hotel Grand Clarion. Tidak bisa terhitung sudah berapa kali saya datang ke kota ini. Dari mulai acara wedding, gathering sampai ulang tahun saya seringkali mendapatkan tawaran untuk tampil. Untuk kali ini, saya hadir untuk tampil di dalam acara gathering nya Bayer Corp. Berkumpul dengan semua dealer Bayer setia.
Nah yang kali ini, saya ingin berbagi sedikit informasi kuliner khas makassar yang bisa dinikmati anda yang berkunjung. Simak yah:)
 Sop Saudara.Masakan khas daerah yang berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar seperti daging sapi/kerbau yang dimasak dengan aneka bumbu dan disajikan bersama nasi putih atau ketupat dengan Ikan Bakar sebagai tambahan lauknya.
Nikmati makanan ini disekitar jalan DR. Wahidin Sudirohusodo 
Namun pagi ini, di hotel Grand Clarion, sayapun bersama rombongan saya sempat mencicipi Sop Saudara yang dihidangkan. Hmmmm...enak sekali. Pagi-pagi memang cocok makan kuah hangat^^

Kemarin pun, atas usulan kawan saya, Toni Huang yang sama-sama datang ke Makassar untuk tampil bersama saya , kita meminta EO nya untuk membawa kami makan siang ke tempat makanan khas Makassar, tetapi saya tidak mau Coto Makassar lho, karena, rasanya di Jakarta sudah sering saya temui menu tersebut. Akhirnya kami menuju sebuah resto yang sederhana, namun pengunjungnya penuh sekali, bahkan kamipun tidak bisa langsung mendapatkan tempat duduk. Harus agak mengantrilah. Akhirnya saya juga sudah mencicipi Kapurung yang adalah sop dengan kuah kuning, ada irisan tipis mangga muda , lalu juga ada daun-daun sayur yang saya tidak tau namanya..hehe...lalu ada irisan-irisan seperti jahenya, dan yang uniknya, selain ada daging (mungkin) ikan,,ada juga olahan dari tepung yang menjadi bundaran-bundaran jelly. Rasa kuahnya asam dan segar, agak kental. Jangan lupa kalau ingin lebih lezat lagi, tambahkan sambel khas Makassarnya ke dalam kuah, jangan di piring nasik, lalu tambahankan sedikit saja kecap manis. Wuahhh...suegerrrrrr. Ga akan menyesal deh. 
Terus terang , kalau saya kurang menikmati Coto Makassar yang sudah umum dikenal, namun dengan Kapurung ini, enak banget, saya suka sekali cita rasanya^^Kayanya khusus para wanita yang doyan rasa asem dan pedas, ini cocok banget.


Kalau anda ke Makassar, juga jangan sampai lupa makan Jalangkote-nya yah. Kalau kita sebut adalah pastel. dengan bumbu sambal kuahnya yang warna merah. rasanya manis pedas. Enak sekali untuk cemilan^^ Saya aja, sejak kemarin hingga pagi ini, Sudah 6 potong Jalangkote yang sebenarnya ukuranya lebih besar dari yang biasa ada di Jakarta. Wahhh...untungnya saya memang hobi makan dan alhamdulillah saya tidak mudah gemuk, jadi masih oke-lah untuk sering-sering makan dan ngemil.


O iya, bagi anada yang ingin menambah cemilan, coba deh Pisang Ape. Pisang bakar khas Makassar juga. lalu kalau yang suka makan es, nahhh es Pisang ijo nya Makassar tuh patut dicoba deh^^


0 komentar :

Poskan Komentar

Review Produk