Rabu, 30 Juni 2010

Dari Gaptek Sampai Pinter

Hari pertama nge-blog..
Sebenarnya sudah lama sekali ingin membuat suatu "kotak" berisi tulisan-tulisan koleksi yang berasal dari pemikiran sendiri, pengalaman dan kisah dara teman. Tapi, kok baru sekarang mulainya??
Saya yang selama ini dikenal sangat sangat sangat gagap dalam berteknologi, bisa-bisanya merancang sebuah blog. Bisa dikatakan, si cece Rani ini adalah manusia yang tidak pernah sama sekali menyentuh apa yang namanya komputer, apalagi bermimpi dapat memiliki notebook, dua buah malah...mahal dan cantik bentuknya..walah...orang sekitar pasti heranlah melihatnya. Yang selama ini hanya sibuk gonta ganti ha-pe. Tapi, sekarang sudah bisa membuat blog loh..hahaha...

Semua ini berawal setahun lalu.
Seorang sahabat yang saat itu sedang bertugas di luar negeri, saya lupa dimana persisnya, mungin di Qatar or somewhere else...Dia "mengepalai' perkumpulan ex SMP Yasporbi II pasar minggu angkatan saya. Saat itu, dia membuat sebuah rantaian di FB, dan mereka sudah bersilahturahmi bertahun-tahun lamanya. Kecuali saya. Saya yang amat sangat bolot dalam urusan internet(boro-boro deh internet..cara mematikan komputer aja gak ngerti)pastinya kehilangan kontak dengan kawan-kawan yang selalu berselancar di dunia per-pesbukan. Di tambah lagi, hobi gonta ganti ha-pe dan tidak mengerti cara menyimpan file penting dalam handset ke komputer, membuat saya benar-benar kehilangan nomer telepon mereka. Saat itu, sahabat saya bilang lewat sms, "Bikin Ym donk!" Hah?YM?apaan tuh? Demi menjaga gengsi agar tidak ditertawakan karena ga ngerti apa tuh YM, saya hanya jawab...okey..haha...setelah itu sibuk telpon sana sini untuk bertanya bagaimana cara memiliki sebuah YM. Namanya manusia satu ini memang ga mau susah, saya suruh aja adik sayalah yang membuatkan YM untuk saya.

Dan, komunikasi saya dengan sahabat saya itupun menjadi lancar tak ada hambatan dan tidak takut kehabisan pulsa. Lalu dia menyarankan, "Bikin fesbuk dong...banyak teman-teman kita disitu." Wadooooh...fesbuk?apaan tuh? matilah..benar-benar pusing nih. Tapi, bersyukur memiliki adik yang sangat paham urusan gaul itu. Dan, tugas dia lagi yang membuatkan account saya di FB.
Wow...ternyata, asik juga ya mondar mandir di social networking itu.
Akhirnyam saya latah..saya belilah sebuah bebe...haha..Blackberry. cece Rani yang gaptek ini nekad beli BB hanya karena ingin lebih intens berhubungan dengan kawan-kawannya...kebiasaan gonta ganti ha-pe masih tetap berlanjut. Tidak bisa melihat yang bagus dikit aja langsung tukar. Dasarrr perempuan...

Sering kali saya diledek oleh adik saya yang gokil itu,"Makanya belajarrrr...jangan gaptek...ginian aja ga ngerti.." hehe...bukannya merasa malu, malah saya jawab' "Buat apa gue punya adek kayak elo?"....Bukannya saya orang pemalas. tapi rasanya mustahil sekali bagi seorang saya untuk bisa memanfaatkan komputer. Impossible deh pokoknya!
Tp, setelah dapat sentilan dari suami.."kamu nih ma...daripada kamu ngutak ngutik BB ga karuan, mendingan juga kamu belajar komputer."...saya jawab' "Beliin saya NB dong. Kalau ga punya NB, gimana saya bisa belajar kalau harus rebutan?"...mungkin terkesan ngeyel. Tapi memang itulah saya.. Sayangnya, si suami tidak pernah menganggap serius tantangan saya itu. Dan setiap kali dia menunjukkan kepintarannya dalam menekan tuts komputer, huh, rasanya gregetan deh. Apalagi kalau dia sudah mulai memuji seorang karyawan kami yang dia bilang luar biasa pintar di bidang komputer...semakin saja bikin saya kesal dan kesal. Uuuh...liat yah! Suatu hari akan saya tunjukkan!

Dan ada saja hal-hal yang membuat saya dan suami selalu berargumentasi kalau soal dia yang sering kali memuji karyawan andalannya itu. Padahal sebenarnya, si karyawan kesayangannya itu terkenal cukup pelit ilmu di kantor.

Mulailah pemburuan besar-besaran...jutaan rupiah telah saya habiskan untuk (sekali lagi) nekad membeli NB Byon yang cantik berwarna putih, dan gila-gilaan memburu semua buku menyangkut teknologi komputer. Wah, bisa dibilang, saya mulai haus akan informasi dan tutorial cara mengoperasikan komputer dan berselancar di dunia maya...sampai akhirnya saya bisa membuat DVD, mengedit video, memproduksi flyer, buku pelajaran bahasa mandarin, sampai saya bisa segala macam trick komputer yang membuat suami tercengang. Hanya dalam waktu 1 bulan saja semua itu saya kuasai.
Dan....suami sekarang semuanya yang berurusan dengan komputer dan internet, sayalah yang jadi andalannya...hihihi...berhasil juga saya membuktikan ucapan saya. Dan, saat saya membeli sebuah NB mini yang sedang dipromosikan dimana-mana, limited edition pula,Vivienne Tam, dia tidak protes sama sekali, karena saya bilang "Saya butuh 2 NB untuk bekerja", walau wajah dia terlihat ragu dan mengernyitkan dahi, namun setelah saya bilang, "saya akan buktikan kinerja saya dalam waktu 2 minggu.Saya bantuin deh sepenuhnya pekerjaan kantor,nanti lihat aja hasilnya.." Dan dia percaya. karena dia tau, saya komit.

Saat ini, saya asyik-asyik menekan tuts komputer seharian, dia selalu bertanya, sudah bisa apa sekarang? jangan-jangan, kamu sudah bisa jadi Hecker.....hahahahahaaaa....saya tertawa panjang...Yoiii...cece Rani yang Gaptek sekarang sudah jadi Pintek..Pinter teknologi...
Biar gimanapun, terima kasih banget pada sahabat saya yang suruh saya membuat YM dan FB...^^

0 komentar :

Poskan Komentar

Review Produk